Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. ( DOK. IWIP)

Indonesia Terima Proposal Investasi Mobil Listrik Baru Rp 19,5 Triliun

21 Juni 2023 09:22 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan melaporkan kepada Presiden Joko Widodo bahwa ada satu lagi produsen mobil listrik terkemuka di dunia yang siap berinvestasi ke Tanah Air.

Kendati belum menyebutkan secara jelas calon investornya, tapi berdasarkan proposal yang masuk, mereka siap menggelontorkan dana senilai 1,3 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 19,5 triliun (1 dolar AS Rp 15.000).

"Pak Presiden, dapat saya laporkan bahwa minggu lalu kami sudah menerima proposal investasi dari salah satu produsen mobil listrik terkemuka di dunia untuk membangun pabrik dan jaringan distribusi di Indonesia," katanya dalam acara groundbreaking pabrik foil tembaga di Gresik, Jawa Timur yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (20/6/2023).

Menurut Luhut calon investor tersebut meminta bantuan untuk memperoleh suplai tembaga sebagai salah satu bahan baku mobil listrik.

Adapun investasi besar ini bakal jadi game changer dalam pengembangan kendaraan listrik di Tanah Air. Pasalnya, mobil listrik yang hendak diproduksi diklaim cocok dengan selera konsumen Indonesia.

"Ini akan menjadi game changer karena produk kendaraan listrik yang mereka produksi cocok dengan selera masyarakat Indonesia dengan harga yang terjangkau juga, dan mereka meminta bantuan memperoleh suplai tembaga," kata Luhut.

Oleh sebab itu, dalam konsep pengembangan ekosistem mobil listrik, hilirisasi tembaga di Indonesia perlu menjadi prioritas utama.

Ia mencontohkan dalam satu mobil listrik, dibutuhkan tembaga sebanyak 56 kilogram, di luar kebutuhan tembaga pada baterai mobil listrik.

Sehingga, pembangunan pabrik pengolahan tembaga yang terintegrasi ke hilirisasi timah, nikel, kobalt, dan bauksit sangat penting. Apalagi Indonesia juga memiliki target untuk dapat memproduksi jutaan kendaraan listrik.

“Ini akan menjadi modal yang besar dalam menarik investasi untuk mobil listrik Indonesia,” ujarnya.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Indonesia Terima Proposal Investasi Mobil Listrik Baru Rp 19,5 Triliun", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/21/080200915/indonesia-terima-proposal-investasi-mobil-listrik-baru-rp-19-5-triliun.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm