Ilustrasi udang balado.
Ilustrasi udang balado. ( Dok. Shutterstock/Ariyani Tedjo)

Bisa Ditambahkan Telur Puyuh, Berikut Cara Membuat Udang Balado

21 Juni 2023 20:52 WIB

SonoraBangka.id -  Udang dapat diolah bersama bumbu rempah menjadi udang balado, dimasak dengan telur puyuh. Udang balado dibuat dari bumbu sederhana, yaitu cabai merah besar, bawang merah, tomat, dan garam.  Udang balado cocok dijadikan sajian makan praktis bersama nasi putih hangat dan kerupuk. Simak resep udang balado dengan telur puyuh berikut ini, dikutip dari buku "Lauk Sedap Dengan Sambal Balado" (2022) karya Zulkayarni Lala Komala terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Resep udang balado

Bahan:

250 gram udang sedang, bersihkan

20 butir telur puyuh rebus, kupas, goreng Minyak secukupnya, untuk menggoreng

Bumbu yang dihaluskan:

100 gram cabai merah besar

10 butir bawang merah

1 buah tomat

Garam secukupnya

Cara membuat udang balado:

1. Goreng udang dengan panas sedang hingga matang. Angkat dan tiriskan.

2. Tumis bumbu halus dengan tiga sendok makan minyak sisa menggoreng hingga harum. Masukkan udang dan telur puyuh goreng, aduk dan masak hingga bumbu meresap. Angkat.

3. Sajikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Udang Balado, Bisa Ditambahkan Telur Puyuh", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/06/21/200300575/resep-udang-balado-bisa-ditambahkan-telur-puyuh.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm