Komponen CVT pada motor metik(KOMPAS.com/daafa)
Komponen CVT pada motor metik(KOMPAS.com/daafa) ( KOMPAS.COM)

Kenali Tanda Skutik Sudah Waktunya Melakukan Servis CVT

21 Juni 2023 21:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Komponen continuously variable transmission (CVT) menjadi pemindah daya andalan pada skutik. Prinsip kerja yang sederhana membuat perawatan skutik gampang dilakukan.

Tidak sedikit bengkel-bengkel motor menawarkan perawatan CVT dalam waktu kurang dari 30 menit, sehingga bisa ditunggu.

Lantas, apa tanda-tanda skutik sudah memerlukan servis CVT?

Kepala Bengkel Ahass Sapitu Cawas Klaten Bowo mengatakan secara umum tanda skutik membutuhkan perawatan CVT adalah terjadinya penurunan performa.

“Bila diperhatikan, skutik baru atau setelah diservis biasanya memiliki performa baik, tarikan enteng, suara halus, tidak ada getaran saat akselerasi, tapi kalau CVT sudah waktunya servis tidak seperti itu,” ucap Bowo kepada Kompas.com, Rabu (21/6/2023).

Bowo mengatakan salah satu tanda CVT sudah waktunya servis adalah tarikan mesin menjadi berat. Gejala tersebut bisa dirasakan oleh pengendara ketika menggunakan motor tersebut.

Ketika CVT tersebut mengalami penurunan performa, maka dampak yang paling terasa menurut Bowo adalah akselerasinya.

“Ketika gas diputar, mesin cenderung bersuara kasar, putaran mesin tinggi tapi percepatan yang dihasilkan tidak maksimal, lama naiknya,” ucap Bowo.

Gejala tersebut menurut Bowo bisa disebabkan oleh selip pada komponen CVT baik pada puli, kopling ganda atau komponen lain yang berhubungan.

Selain akselerasi, tanda lain CVT perlu diservis adalah dari suaranya. Skutik yang performanya menurun cenderung akan mengalami beberapa gangguan mekanikal.

“Bisa saja timbul bunyi berdecit saat skutik akselerasi atau menanjak, bisa juga muncul getaran cukup dahsyat dirasakan pengendara atau biasanya disebut ‘gredeg’, itu beberapa gejala yang biasanya muncul,” ucap Bowo.

Sementara kerusakannya menurut Bowo bisa meliputi banyak komponen, tergantung dari hasil pemeriksaan. Seperti belt, puli primer sekunder, kampas ganda, roller dan lainnya.

“Kerusakannya tentu tidak cukup hanya diterawang, untuk membuktikan rusak atau tidak bisa dilakukan pembongkaran, nanti akan diukur dan ditimbang apakah komponen tersebut harus ganti atau cukup dibersihkan saja,” ucap Bowo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Tanda Skutik Harus Melakukan Servis CVT", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/21/131200015/kenali-tanda-skutik-harus-melakukan-servis-cvt.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm