ilustrasi nasi goreng.
ilustrasi nasi goreng. ( SHUTTERSTOCK/Kravtzov)

Cocok Untuk Pekerja, Berikut 4 Tips Hemat Waktu Masak Di Dapur

22 Juni 2023 06:25 WIB

SonoraBangka.id -  Bagi sebagian orang, memasak membutuhkan waktu lama untuk berada di dapur dan memilih membeli makanan jadi. Ada tips khusus agar bisa menghemat waktu memasak. Bahkan, makanan yang sedang kamu masak dapat lebih cepat matang.  Manajemen dapur jadi kunci penting untuk hemat waktu masak. Tips ini dapat membantu kamu menyiapkan makanan meskipun punya banyak aktivitas. Ikuti empat tips menghemat waktu saat memasak di dapur berikut ini, dikutip dari buku “Resep Praktis: Makan Malam” (2018) karya Tim Primarasa terbitan PT Gaya Favorit Press.

1. Selalu sediakan stok bumbu dapur yang biasa dipakai 

Kamu dapat menyediakan stok bumbu dapur yang biasa dipakai sehari-hari. Hal ini dapat mempermudah kamu sehingga tidak perlu lagi repot mempersiapkan semua bumbu dari awal.  Misalnya, kamu dapat membuat stok baceman bawang puting. Caranya mudah, cincang atau haluskan bawang putih terlebih dahulu. Ttumis bawang putih dengan banyak minyak dan masukkan ke dalam wadah kedap udara dan simpan di lemari es.  Jika sewaktu-waktu kamu butuh bawang putih cincang, kamu hanya perlu mengeluarkan stok yang sudah kamu buat sebelumnya dari tempat penyimpanan. 

2. Buat jadwal menu harian 

Jadwal menu harian efektif dapat menghemat waktu memasak. Kamu tidak perlu lama bingung atau berpikir akan memasak apa untuk hari ini.  Misalnya, menu untuk hari Senin yaitu sayur bayam, ayam goreng, dan sambal terasi. Menu hari Selasa yaitu sayur sop, jamur goreng tepung, dan ikan goreng. Kamu dapat membuat jadwal mingguan atau bulanan. 

3. Sediakan stok bahan makanan  

Sedia stok bahan makanan di rumah menjadi hal penting yang harus dilakukan. Adanya stok bahan makanan di rumah dapat memudahkan kamu memasak untuk satu minggu ke depan. Bahan makanan basah dapat disimpan di dalam kulkas. Sementara itu, bahan makanan kering dapat disimpan di lemari dapur. 

Kaldu perlu dibuat stoknya karena dapat memudahkan kamu ketika ingin membuat sop atau bakso. Kamu bisa menyimpan kaldu di dalam freezer.  Bahan makanan kering yang mudah dan cepat masak juga perlu kamu sediakan, seperti pasta, kwetiau, dan mi.  Kamu juga dapat membuat stok bahan makanan yang dapat dengan mudah dibuat ketika sedang menginginkannya. Misalnya, semua anggota keluarga gemar makan bakso. Jika kamu sudah punya persediaannya, kamu dapat membuat bakso dengan cepat. 

4. Pilih menu yang tidak rumit untuk dimasak 

Menu yang mudah dan praktis dapat memangkas waktu masak karena tidak butuh waktu lama saat proses memasaknya.  Salah satu hidangan yang mudah dan praktis yaitu tumisan. Pilihlah bahan-bahan yang cepat matang, seperti daging cincang dan fillet ayam.  Kamu juga dapat membuat hidangan yang dalam satu sajian sudah terdiri dari karbohidrat, sayuran, dan protein, contohnya nasi goreng dan kwetiau goreng. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Tips Hemat Waktu Masak di Dapur, Cocok untuk Pekerja", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/06/21/193559675/4-tips-hemat-waktu-masak-di-dapur-cocok-untuk-pekerja?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm