ilustrasi nasi putih yang bisa menjadi pupuk dan pestisida
ilustrasi nasi putih yang bisa menjadi pupuk dan pestisida ( shutterstock/sungsu han)

Hanya Butuh 5 Langkah, Berikut 5 Cara Masak Nasi Tanpa Rice Cooker

22 Juni 2023 07:35 WIB

SonoraBangka.id - Nasi merupakan makanan pokok bagi orang Indonesia. Bagi warga Indonesia, kalau belum makan nasi, rasanya belum kenyang. Rice cooker menjadi alat masak yang ada di setiap rumah tangga masyarakat kita. Alat ini memudahkan orang untuk masak nasi secara instan.  Selain rice cooker, kamu juga dapat memasak nasi menggunakan panci di atas kompor. Namun, banyak orang yang beranggapan bahwa masak nasi di atas kompor itu susah dan takut gosong.  Padahal, ada cara mudah yang dapat kamu ikuti dan hanya perlu tiga langkah untuk memasak nasi di atas kompor.  Usahakan selama proses memasak, jangan terus menerus mengintip isi panci atau membuka penutup panci karena hal itu dapat mengubah waktu masak dan tingkat penyerapan air Penasaran bagaimana cara masaknya? Melansir laman The Kitchn, ikuti langkah-langkahnya berikut ini. 

 1. Cuci beras hingga bersih

Hal yang paling awal harus dilakukan adalah mencuci beras. Beras harus dicuci karena untuk menghilangkan kotoran, getah, atau serangga yang menempel pada beras.  Gunakan saringan dengan jaring halus untuk membilas nasi di bawah air yang mengalir agar tidak ada beras yang terbuang.  Beras yang digunakan pada cara ini kurang lebih 140 gram dan membutuhkan sekitar 360 mililiter air.

2. Rebus air dalam panci kecil 

Setelah beras dicuci bersih, sisihkan sejenak. Siapkan panci kecil dan masukkan sekitar 360 ml air ke dalamnya.  Tutup dengan penutup panci dan masak dengan api besar hingga air mendidih. 

3. Masukkan beras dan beri bumbu

Jika air yang berada di dalam panci sudah mendidih, segera masukkan beras bersih.  Bumbui dengan 1/2 sdt garam dan satu sendok makan mentega tawar. Kamu juga dapat menggunakan minyak kalau tidak ada mentega tawar. Aduk semua bahan hingga tercampur rata. 

4. Masak selama 18-20 menit

Setelah semua bahan tercampur rata, tutup panci dan masak hingga air meresap dengan api kecil selama 18-20 menit. 

5. Diamkan nasi hingga mengembang

Jika nasi sudah matang, angkat dari kompor dan diamkan terlebih dahulu selama 10 menit. Selama proses pendiaman, jangan buka tutup panci.  Kemudian, buka tutup panci dan ratakan nasi dengan garpu. Nasi akan mengembang dengan sendirinya. Nasi siap untuk langsung disantap.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Masak Nasi Tanpa Rice Cooker, Hanya Butuh 5 Langkah ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/06/19/160600775/cara-masak-nasi-tanpa-rice-cooker-hanya-butuh-5-langkah-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm