Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat konferensi pers uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung kecepatan 350 Km/jam di Stasiun Tegalluar, Bandung, Kamis (22/6/2023).
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat konferensi pers uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung kecepatan 350 Km/jam di Stasiun Tegalluar, Bandung, Kamis (22/6/2023). ( KOMPAS.com)

RI-China Sudah Sepakati Bunga Pinjaman Proyek Kereta Cepat, Berapa Besarannya?

23 Juni 2023 15:57 WIB

SonoraBangka.ID - Pemerintah telah menyepakati besaran bunga pinjaman dari China untuk membayar pembengkakan biaya (cost overrun) proyek kereta cepat Jakarta Bandung (KCJB).

Setelah sebelumnya pemerintah berupaya menegosiasikan kembali bunga pinjaman cost overrun kereta cepat agar bisa turun menjadi 2 persen.

Sebab pada April lalu, pemerintah gagal menegosiasikan hal ini lantaran pemerintah China bersikeras menetapkan bunga utang sebesar 3,4 persen.

"Bunga kita sudah selesaikan saya kira tidak ada masalah," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat ditemui di Stasiun Halim, Jakarta, Kamis (22/6/2023).

Luhut mengungkapkan, besaran bunga pinjaman untuk membayar cost overrun kereta cepat Jakarta-Bandung yang telah disepakati lebih dari 2 persen.

Namun dia tidak merincikan berapa tepatnya besaran bunga pinjaman yang sudah disepakati. Yang jelas, besaran bunga pinjaman itu masih di bawah besaran suku bunga global.

"Lebih (besar dari 2 persen), lebih. Karena kan bunga dunia sekarang naik, tapi di bawah itu (suku bunga global)," ungkapnya.

Saat ini, pemerintah juga sudah mendapatkan dana pinjaman untuk membayar biaya pembengkakan proyek kereta cepat tersebut. Namun dia tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai skema pemberian pinjaman.

"(Pinjamannya) sudah (diterima) dan tidak ada masalah," kata Luhut.

Sebagai informasi, pemerintah dan China sudah menyepakati besaran biaya cost overrun proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yaitu 1,2 miliar atau setara Rp 18 triliun.

Namun dari total cost overrun kereta cepat Jakarta Bandung tersebut, pinjaman yang akan dilakukan ke China Development Bank (CDB) sebesar 550 juta dollar AS atau Rp 8,3 triliun.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "RI-China Sudah Sepakati Bunga Pinjaman Proyek Kereta Cepat, Berapa Besarannya?", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/06/23/124100326/ri-china-sudah-sepakati-bunga-pinjaman-proyek-kereta-cepat-berapa-besarannya-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm