UPTD RPK Gelar Sosialisasi Kegiatan Aksi Perubahan SIPEMANIS BUNDA
UPTD RPK Gelar Sosialisasi Kegiatan Aksi Perubahan SIPEMANIS BUNDA ( Disperindag Babel)

UPTD RPK Gelar Sosialisasi Kegiatan Aksi Perubahan SIPEMANIS BUNDA

23 Juni 2023 19:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) Rumah Promosi dan Kemasan (RPK) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperidag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengadakan Rapat Evaluasi Kinerja Semester I Tahun 2023 pada Jumat (23/6) di Ruang Serba Guna UPTD. RPK Babel.
Selain acara kegiatan evaluasi kinerja, UPTD. RPK Provinsi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Babel juga mengadakan kegiatan sosialisasi aksi perubahan SIPEMANIS BUNDA.

Kegiatan sosialisasi aksi perubahan SIPEMANIS BUNDA, di hadiri Sekretaris Dinas (Sekdis) Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel Deki Susanto, Kepala UPTD. Rumah Promosi dan Kemasan Babel Alfatah Suriaan beserta jajaranya, kegiatan tersubut di buka langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel yang diwakili oleh Sekdis Disperindag Provinsi Babel Deki Susanto.

Dalam arahanya Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel mengatakan sangat mendukung kegiatan Rapat Evaluasi Kinerja Semester I Tahun 2023 yang dilakukan oleh UPTD. RPK Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel dan rapat evaluasi seperti ini menurutnya harus dilakukan juga oleh UPTD dan bidang-bidang lainya, agar mengetahui serapan anggaran dan program apa saja yang telah dijalankan.

“Evaluasi ini tidak hanya internal, sehingga kinerja di UPTD. RPK lebih maksimal. Semua unit/bidang harus melaksanakan secara rutin evaluasi ini, terlebih ini sudah masuk triwulan II (Semester I) Tahun Anggaran 2023. Mudahan-mudahan evaluasi ini berjalan dengan baik, sehingga sesuai capaian yang ditargetkan bersama-sama di UPTD. RPK” katanya.

Selain itu pada kesempatan ini juga dilaksanakan Sosialisasi Kegiatan Aksi Perubahan "SIPEMANIS BUNDA" yang merupakan sebuah inovasi yang baik, dan sebagaimana di ketahui berdasarkan penilaian rapot kinerja Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel untuk tahun 2023, perlu dilakukan perubahan agar lebih baik lagi di tahun berikutnya, salah satunya dalam hal inovasi.

“Aplikasi ini sangat bagus, agar terus dikembangkan. Ini inovasi yang baik juga,” tuturnya.

Sementara itu Kepala UPTD. Rumah Promosi dan Kemasan Babel Alfatah Suriaan melaporkan capaian serapan anggaraan yang telah dilakukan oleh UPTD yang di pimpinnya. Selain itu Dia juga menjelaskan kendala dan upaya dalam menghadapi permasalahan dalam penyerapan PAD dan realisai anggaran.

“PAD capaian Januari sampai Mei dan Juni UPTD. RPK yaitu sudah cukup baik dan saya juga akan menjelaskan penyebab dan hambatan yag dihadapi apabila target di UPTD RPK belum sepenuhnya tercapai,” ujarnya.

Dirinya juga menambahkan UPTD. RPK Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel untuk saat ini ada dua inovasi, salah satunya inovasi yang baru ini yaitu Sistem Informasi Pemeliharaan Aset dan Inventaris Barang Umum Milik Daerah (SIPEMANIS BUNDA). Dimana bentuk dukunganya kedepan akan diupayakan untuk menjadi aplikasi yang tangguh dalam hal Aset dan Inventaris BMD.

Di tempat yang sama Suwandi Kasubbag Tatausaha UPTD. Rumah Promosi dan Kemasan Babel penggagas inovasi menjelaskan kemunculan aplikasi berbasis android yang diberi nama Sistem Informasi Pemeliharaan Aset dan Inventaris Barang Umum Milik Daerah (SIPEMANIS BUNDA), berawal dari permasalahan berikut ini, yaitu belum dilakukannya perencanaan pemeliharaan perlengkapan atau peralatan mosalnya mesin produksi dengan baik, serta pengelolaan barang atau aset yang masih manual.

Menurutnya hal ini perlu menjadi perhatian, karena di dunia kerja masa kini, pemanfaatan digitalisasi sangat meningkat. Terlebih ketika produktivitas organisasi dan target retribusi daerah diharapkan bisa terealisasi maksimal. Sehingga untuk mengimbangi harapan terhadap performa yang tinggi tersebut, maka diperlukan sentuhan digitalisasi.

Dengan adanya digitalisasi terhadap perencanaan pemeliharaan perlengkapan atau peralatan serta pada pengelolaan barang atau asset maka untuk pemeliharaan perlengkapan atau peralatan tersebut akan dapat mengurangi waktu dan biaya yang diperlukan untuk pemeliharaan dan perawatan mesin produksi, serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam operasional cetak kemasan produk.

Apabila masalah yang telah diuraikan di atas tidak disikapi dengan serius, lajut Dia. Tentu dapat berakibat menurunnya penilaian kinerja, khususnya di bagian Subbagian Tata Usaha UPTD Rumah Promosi dan Kemasan dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada umumnya. Karena hierarki dari setiap pekerjaan di UPTD Rumah Promosi dan Kemasan sebagai unit terkecil, akan mengerucut dan mempengaruhi kinerja Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara keseluruhan.

Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, beliau menyimpulkan permasalahan yang dihadapi oleh UPTD Rumah Promosi dan Kemasan yaitu belum belum dilakukannya pemanfaatan teknologi digital dalam perencanaan pemeliharaan perlengkapan atau peralatan, maka perlu suatu inovasi dalm rancangan aksi perubahan ini yaitu dengan menerapkan “SIPEMANIS BUNDA (Sistem Informasi Pemeliharaan Aset dan Inventarisasi Barang Umum Milik Daerah) di UPTD Rumah Promosi dan Kemasan.

PenulisZulhaidir
EditorZulhaidir
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm