Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman
Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman ( Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra )

SIDOLPIN Mauk Top Inovasi Pelayanan Publik, Algafry : Itu Keren dan Membangakan

24 Juni 2023 09:31 WIB

SONORABANGKA.ID - Koba, Kabupaten Bangka Tengah kembali menorehkan prestasi membanggakan dalam bidang inovasi pelayanan publik.

Sistem Informasi Daerah Potensial Penangkapan Ikan (SIDOLPIN), sebagai inovasi unggulan yang digagas oleh Dinas Perikanan, masuk sebagai finalis TOP Inovasi Pelayanan Publik di lingkungan Kementerian, Lembaga Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD tahun 2023.

Bupati Bangka Tengah, Algafry, mengungkapkan rasa bangganya dan terharu atas pencapaian ini. SIDOLPIN menjadi tonggak penting dalam upaya meningkatkan hasil tangkapan ikan para nelayan. SIDOLPIN sendiri merupakan sebuah aplikasi teknologi yang memanfatkan GPS yang dapat diakses oleh para nelayan saat mereka berlayar, sehingga memudahkan mereka dalam menemukan titik kumpul ikan (fishing ground).

"Saya pribadi sangat mengapresiasi inovasi-inovasi seperti SIDOLPIN yang dirancang sesuai perkembangan zaman dan menjadi solusi nyata dalam mengatasi persoalan masyarakat, perlu dicatat Ini merupakan komitmen kami untuk hadir di tengah-tengah masyarakat," ujar Algafry. 

SIDOLPIN terpilih sebagai salah satu dari 52 finalis inovasi pelayanan publik terbaik di seluruh Indonesia. Pencapaian ini menjadi kebanggaan bagi Kabupaten Bangka Tengah. Keberhasilan ini menjadi bukti nyata keberhasilan serta keseriusan kinerja Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dalam mensejahterakan masyarakat khususnya di sektor perikanan tangkap.

"Pengakuan ini adalah konkritisasi visi dan misi Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah. Keberhasilan ini saya persembahkan kepada seluruh masyarakat Bangka Tengah, terutama para nelayan yang menjadi tulang punggung perekonomian lokal dan pahlawan protein bangsa," tambahnya.

Dengan prestasi ini, Kabupaten Bangka Tengah semakin menunjukkan komitmennya dalam mendorong inovasi pelayanan publik yang berdampak langsung bagi masyarakat. SIDOLPIN memberikan harapan baru bagi para nelayan, meningkatkan efisiensi penangkapan ikan, dan berkontribusi dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

Kabupaten Bangka Tengah terus berkomitmen untuk terus berinovasi dan bekerja keras dalam mencapai visi pembangunan yang berkelanjutan, dengan tujuan utama mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan berdaya saing.

Keberhasilan SIDOLPIN juga menjadi bukti bahwa Kabupaten Bangka Tengah berada di jalur yang benar dalam menghadapi tantangan globalisasi dan era digital.

"Dalam era yang semakin terhubung secara digital, pemerintah daerah harus dapat mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkannya secara optimal untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan merupakan tugas saya sebagai bupati untuk mendorong lahirnya kreatifitas dan inovasi seperti ini," tutupnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm