Akademisi dan Dosen STISIPOl Pahlawan 12 Bambang Ari Satria
Akademisi dan Dosen STISIPOl Pahlawan 12 Bambang Ari Satria ( Dok/Bambang Ari Satria )

Server PPDB SMA SMK Bermasalah, Akademisi Singgung Kesiapan Sarana Parasarana

24 Juni 2023 10:20 WIB

SonoraBangka.id - Bambang Ari Satria selaku Dosen STISIPOL Pahlawan 12, ikut menyoroti server PPDB SMA SMK yang bermasalah.

Menurutnya, sistem PPDB Online tersebut memungkinkan proses penerimaan peserta didik baru dapat berlangsung secara cepat, tepat, terbuka dan dapat dipertanggung jawabkan obyektivitasnya.

"Akan tetapi, PPDB Online juga tidak terlepas dari unsur kelemahan. Kelemahan tersebut antara lain tuntutan adanya infrastruktur TIK yang memadai dan server PPDB yang bermasalah, termasuk server PPDB SMA/SMK di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," ujar Bambang, Jumat (23/6/2023).

Menyikapi kondisi ini, Bambang menyebutkam yang seharusnya dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Pendidikan adalah memperbaiki dan menyempurnakan kelemahan-kelemahan dari komponen-komponen sistem yang ditemukan.

"Ini sebenarnya permasalahan berlarut dan sudah terjadi pada tahun sebelumnya. Upaya mitigasi secara cepat mesti dilakukan dalam menyempurnakan infrastruktur berbasis digital.

Dari sisi perencanaan, Dinas Pendidikan perlu memastikan tingkat kelayakan Sistem Informasi Penerimaan Peserta didik baru berbasis website tersebut," katanya.

Dia menambahkan sumberdaya  sangat penting. Meskipun kebijakan sudah dikomunikasikan dengan baik, tapi apabila sumberdaya yang ada kurang memadai, maka kebijakan tidak berjalan efektif.

"Sumber daya dalam hal ini berupa sumberdaya non SDM, seperti sarana prasarana termasuk infrastruktur server dan website," katanya.

Penerapan Penerimaan Peserta Didik Baru dengan sistem online diharapkan dapat memudahkan masyarakat terhadap pelayanan pendidikan yang bermutu. 

"Akan tetapi, dengan munculnya permasalahan akibat server yang tidak bisa diakses membuat pengguna layanan terganggu. Upaya mitigasi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan harus responsif. Kekuatan dan keamanan yang memadai dalam mempersiapkan situs website semestinya perlu dikuatkan sehingga tidak terjadi trouble seperti sekarang ini," katanya.

Dinas Pendidikan tidak mempersiapkan sarana yang memadai untuk PPDB Tahun 2023 sehingga dapat terlihat bahwa perencanaan dan persiapan Dinas Pendidikan dalam pelaksanaan PPDB tahun 2023 belum matang secara keseluruhan dengan munculnya trouble server.

Tentu, dampaknya dengan adanya server PPDB bermasalah maka proses PPDB terhambat dan perlu memperpanjang waktu pendaftaran.

"Seharusnya, hasil evaluasi pelaksanaan PPDB tahun lalu hendaknya tidak dilupakan dan menjadi rujukan dalam menyusun langkah perbaikan untuk PPDB tahun ini. Mulai dari memastikan kesiapan sarana prasarana, berbagai langkah alternatif dan antisipatif dan berbagai rentang kendali dalam rangka memastikan pelaksanaan PPDB online berjalan sesuai dengan rencana," katanya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Server PPDB SMA SMK Bermasalah, Akademisi Singgung Kesiapan Sarana Parasarana, Perlu Mitigasi Diawal, https://bangka.tribunnews.com/2023/06/23/server-ppdb-sma-smk-bermasalah-akademisi-singgung-kesiapan-sarana-parasarana-perlu-mitigasi-diawal.

SumberBangka.tribunnews.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm