ilustrasi YouTube, youtuber, content creator.
ilustrasi YouTube, youtuber, content creator. ( Freepik)

YouTube Siapkan Fitur "Dubbing" Berbasis AI, Bisa Translate Suara Inggris-Indonesia

24 Juni 2023 17:29 WIB

SonoraBangka.ID - YouTube tengah menyiapkan fitur sulih suara alias dubbing dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Menurut laporan The Verge, YouTube menggandeng Aloud untuk mempermudah kreator YouTube (YouTuber) menerjemahkan suara dari satu bahasa ke bahasa lain secara instan dan gratis.

Aloud ini adalah produk jebolan Area 120, ikubator internal Google untuk proyek eksperimental.

Menurut laman resmi, Aloud membantu para kreator dengan mentranskripsikan, menerjemahkan, dan menarasikan video mereka. Dalam tahap awal, YouTube bisa men-dubbing video berbahasa Inggris ke bahasa lain seperti Indonesia, Portugis, Spanyol, dan Hindi.

Dalam sebuah video demonstrasi, setelah mendapatkan akses, kreator hanya perlu mengunggah video yang ingin di-dubbing. Kemudian, Aloud akan mentranskripsikan video. Pengguna bisa meninjau dan mengedit hasil transkripsi tersebut.

Selanjutnya, transkrip itu akan diterjemahkan ke bahasa yang dipilih pengguna, misalnya bahasa Indonesia. Nah, terakhir hasil terjemahan akan dinarasikan dalam bahasa Indonesia oleh suara AI.

Contoh video bahasa Inggris yang di-dubbing ke bahasa Indonesia menggunakan Aloud bisa disimak melalui video berikut.

Saat ini, untuk bisa mencoba men-dubbing video dengan bantuan AI, kreator harus melakukan pendaftaran akses awal lewat lawan Aloud di URL https://aloud.area120.google.com/.

Untuk mendaftar akses awal, pengguna perlu mengisi formulir daftar tunggu dengan memberikan informasi di antarnya alamat e-mail, URL channel YouTube, hingga jenis konten yang dibuat.

Menurut keterangan Wakil Presiden Manajemen Produk YouTube, Amjad Hanif, tools Aloud ini sedang diuji ke ratusan pengguna YouTube. Namun, Hanif belum memberikan detail jadwal perilisan fitur dubbing bertanaga AI di YouTube untuk seluruh pengguna.

Hanif juga mengungkapkan bahwa YouTube tengah berupaya agar audio dubbing yang dihasilkan bisa terdengar seperti suara kreator aslinya serta dubbing memiliki sinkronisasi bibir yang lebih baik. Fitur-fitur tersebut rencananya hadir pada 2024, sebagaimana dihimpun dari The Verge, Jumat (23/6/2023).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "YouTube Siapkan Fitur "Dubbing" Berbasis AI, Bisa Translate Suara Inggris-Indonesia", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2023/06/23/19300007/youtube-siapkan-fitur-dubbing-berbasis-ai-bisa-translate-suara-inggris.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm