Ilustrasi laksa penang.
Ilustrasi laksa penang. ( Dok. Shutterstock/Ariyani Tedjo)

Berikut Ini Perbedaan Dari Laksa Malaysia Dan Laksa Indonesia

26 Juni 2023 15:25 WIB

SonoraBangka.id - Laksa merupakan makanan berkuah gurih. Kadang, rasanya bisa saja pedas tergantung jenis laksa dan bahan yang digunakan. Sajian ini populer di Asia Tenggara, terutama Indonesia, Malaysia, dan Singapura.  Menurut Edmund Ng, Regional Executive Chef Flight Club (S.E.A), laksa malaysia terdiri dari banyak jenis, tergantung daerah asalnya di Malaysia. Sama halnya dengan Malaysia, laksa di Indonesia juga beragam, mulai dari laksa betawi, laksa tangerang, hingga laksa bogor.

Tampilan aneka laksa tidak jauh berbeda, baik itu laksa malaysia maupun laksa di Indonesia. Laksa terdiri dari mi, telur, ayam suwir, dan kuah. Hal paling mudah membedakan laksa adalah warna kuahnya. 

Kuah laksa malaysia bisa berwarna kuning, merah, dan kehitaman. Edmund mengatakan, laksa berwarna merah dari Malaysia merupakan salah satu yang paling populer. Ini menjadi pembeda laksa malaysia dan laksa indonesia, di mana kebanyakan laksa indonesia berwarna kuning. "Laksa malaysia dibuat dari 14 macam rempah. Ini dimasak lama sampai warnanya kemerahan, bisa juga dibuat tanpa bubuk kari," kata Edmund Ng, Regional Executive Chef Flight Club (S.E.A). Beda jenis laksa, beda juga warna kuah dan komponennya. Salah satu laksa dari Malaysia, laksa assam, memiliki kuah kecoklatan. Laksa assam tidak menggunakan santan sehingga terasa lebih ringan, sementara hampir semua jenis laksa di Indonesia dibuat menggunakan santan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Bedanya Laksa Malaysia dan Laksa Indonesia?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/06/26/090900575/apa-bedanya-laksa-malaysia-dan-laksa-indonesia-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm