Cetakan es batu
Cetakan es batu ( PEXELS.COM/NATALIYA VAITKEVICH)

Bisa Untuk Mencetak Makanan, Berikut 5 Fungsi Cetakan Es Batu

26 Juni 2023 15:32 WIB

SonoraBangka.id - Cetakan es batu selain untuk membekukan air juga bisa dimanfaatkan sebagai cetakan makanan lain. Kamu bisa memanfaatkan cetakan es untuk membekukan margarin aromatik, mencetak permen cokelat, sampai membentuk nasi sushi. Simak cara manfaatkan cetakan es batu untuk membuat makanan lain, dikutip dari majalah "Saji / ED 473 2020" (2020) karya Saji terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

1. Mencetak permen cokelat 

Apabila tidak mempunyai cetakan khusus permen, kamu bisa memanfaatkan cetakan es batu untuk membuat permen cokelat praline.

2. Mencetak margarin

Membuat margarin dengan aromatik untuk menumis, kamu bisa memanfaatkan cetakan es batu agar mempermudah penyimpanan dan penggunaannya.

3. Membentuk nasi sushi

Jika tidak mempunyai cetakan bambu untuk membuat sushi, kamu bisa menggunakan cetakan es batu.

4. Mencetak kaldu

Menyetok kaldu pasti sangat berguna untuk memasak sehari-hari. Kamu bisa membuat kaldu yang pekat dan kental, lalu berkukan di dalam cetakan es batu. Gunakan satu sampai dua cube kaldu untuk menggurihkan aneka tumisan.

5. Membekukan puree buah atau sayur untuk mpasi

Menyetok MPASI (makanan pendamping ASI) untuk buah hati, bisa dengan cara menyimpan puree buah atau sayur segar lalu dibekukan. Saat akan disajikan tinggal dicairkan saja.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Manfaatkan Cetakan Es Batu, Salah Satunya Bekukan Makanan MPASI", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/06/23/220300075/5-cara-manfaatkan-cetakan-es-batu-salah-satunya-bekukan-makanan-mpasi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm