Pemasangan stiker RFID di mobil komunitas untuk transaksi tol FLO Jasa Marga(KOMUNITAS VELOZITY)
Pemasangan stiker RFID di mobil komunitas untuk transaksi tol FLO Jasa Marga(KOMUNITAS VELOZITY) ( KOMPAS.COM)

Polisi Mau Uji Coba Teknologi RFID pada Pelat Nomor Khusus Pejabat

26 Juni 2023 17:43 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Korlantas Polri berencana menerapkan pelat nomor yang menggunakan sistem Radio Frequency Identification (RFID) atau alat deteksi kendaraan dengan signal pada masa mendatang.

Teknologi RFID diharapkan dapat memudahkan petugas dalam mengidentifikasi nopol khusus pejabat supaya tidak disalahgunakan.

"Saya sudah menguji coba untuk penggunaan RFID untuk nomor khusus dan nomor rahasia,” ujar Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus, dalam konferensi pers (22/6/2023).

“RFID itu nanti bentuknya kayak stiker, di luar negeri semua kendaraan bermotor roda empat ke atas sudah menggunakan RFID,” kata dia.

Seperti diketahui, RFID ini berbentuk seperti stiker yang ditempelkan pada ujung kiri atau kanan depan kendaraan.

Menurutnya, RFID ini juga menjadi single identification karena cuma bisa dipasang pada satu kendaraan saja. Hal ini untuk meminimalisasi duplikasi pelat nomor.

"Jadi satu nomor satu RFID. Yang banyak terjadi kemarin nomor khusus 1, diduplikasi jadi 10 jadinya di rumah 1 nomor, dia bikin sampai ke pembantu-pembantunya pakai nomor (khusus) yang sama. Besok sudah nggak bisa, karena ada RFID. Jadi cuma 1 saja untuk 1 nomor," ucap Yusri.

Yusri juga mengatakan, dengan adanya pelat RFID ini, pelat nomor khusus bakal sulit untuk diduplikasi. Jika masih melanggar, bakal ada konsekuensi pencabutan pelat nomor.

"Kalau dia duplikatkan, pada saat kena kamera ternyata tidak bisa dibaca, maka itu indikasi palsu,” kata Yusri.

“Dan akan kami langsung dengan nomor tersebut akan menyurat kepada pihak polisi atau Propam untuk mencabut nomor tersebut, jangan diberikan lagi, karena itu sudah pemalsuan namanya," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polisi Mau Uji Coba Teknologi RFID di Pelat Nomor Khusus Pejabat", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/26/084200115/polisi-mau-uji-coba-teknologi-rfid-di-pelat-nomor-khusus-pejabat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm