Logo Toyota(Paultan)
Logo Toyota(Paultan) ( KOMPAS.COM)

Toyota Mengembangkan Baterai Lithium Ion Bisa Tempuh 1.000 Km

26 Juni 2023 21:11 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kendaraan listrik khususnya Battery Electric Vehicle (BEV) dipercaya akan menjadi transportasi masa depan. Hal tersebut membuat Toyota Motor Co mau tidak mau ikut dalam pergumulan pasar.

Takero Kato, Presiden Pabrik BEV Toyota yang baru diresmikan Mei 2023 berjanji bahwa Toyota akan makin serius masuk ke segmen kendaraan listrik, termasuk mobil listrik dengan membuat baterai yang canggih.

"Mengubah masa depan melalui BEV dengan mengubah mobil, manufaktur, dan cara kami bekerja, sehingga berkontribusi pada kesuksesan Toyota di masa depan," kata Kato dilansir dari Toyota Times, Senin (26/6/2023).

Kato mengindikasikan bahwa mobil listrik generasi baru Toyota dengan berbagai keunggulan akan hadir pada tahun 2026. Kemudian Toyota menjual 3,5 juta unit BEV pada 2030, di mana 1,7 juta unit ialah model baru tersebut.

Toyota juga mengembangkan baterai lithium-ion generasi baru yang rencananya akan digunakan di mobil listrik berikutnya. Ada dua baterai yang akan dirilis yaitu versi performa dan versi populer.

Kedua baterai ini merupakan cara Toyota merespon kebutuhan pemakai mobil listrik di masa depan. Karena itu raksasa asal Jepang ini mengembangkan sejumlah rangkaian opsi baterai yang canggih.

Baterai lithium-ion versi performa generasi baru disebut mampu membawa mobil berjalan sejauh 1.000 km. Angka tersebut nyaris dua kali lipat dari mayoritas mobil listrik saat ini yang ada di pasar.

Kunci baterai tersebut yakni meningkatkan kepadatan energi dan meningkatkan efisiensi kendaraan melalui aerodinamika. Tak hanya jarak tempuh hingga 1.000 km, pengisian daya alias ngecas cuma 20 menit atau kurang.

Sedangkan lithium-ion versi popularisasi mengadaptasi struktur bipolar yang digunakan pada baterai hybrid (HEV) nickel-metal hydride.

Keunggulan baterai ini ialah biayanya disebut 40 persen lebih murah dari baterai biasa sebab suku cadang pembuatannya lebih sedikit. Hanya seperempat hingga seperlima dari jumlah suku cadang baterai yang ada saat ini.

Walau daya jelajahnya tidak sejauh baterai versi performa, batera versi popular ini disebut bisa membawa mobil lebih jauh 20 persen dari baterai yang ada saat ini. Kemudian isi daya cuma butuh waktu di bawah 30 menit dari kondisi kosong.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Toyota Kembangkan Baterai Lithium Ion Bisa Tempuh 1.000 Km", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/26/144100915/toyota-kembangkan-baterai-lithium-ion-bisa-tempuh-1.000-km.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm