Layanan inspeksi mobil bekas (Dok. Inspector Mobil )
Layanan inspeksi mobil bekas (Dok. Inspector Mobil ) ( KOMPAS.COM)

Sebelum Beli, Perhatikan Adanya Rembesan Oli pada Mesin Mobil Bekas

1 Juli 2023 18:45 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Tidak semua mobil bekas memiliki kondisi yang prima, tapi terkadang masih tampak sehat dan bertenaga.

Contoh seperti adanya kebocoran oli pada bagian mesin. Walau secara performa tidak ada pengaruh, namun hal tersebut tidak boleh diabaikan.

Mobil bekas dengan masalah rembesan oli boleh saja dibeli, namun ada hal yang perlu dipertimbangkan terkait perawatan rutin dan perbaikan.

Mobil dengan kondisi tersebut artinya sudah tidak bisa mengikuti anjuran penggantian oli dari bengkel resmi, yang biasanya dilakukan tiap 10.000 Km, maka harus maju untuk mencegah terjadinya kekurangan oli saat dioperasikan.

Mekanik Aha Motor Yogyakarta Yanto mengatakan, dampak dari kebocoran oli tidak dirasakan langsung, melainkan perlahan.

“Bila di sekitar mesin terdapat basahan oli, mungkin tidak akan terlalu bahaya selama volume oli di mesin masih cukup, hanya saja sedikit orang yang mau memastikan apakah oli mesin masih cukup atau kurang,” ucap Yanto dikutip dari Kompas.com, Sabtu (1/7/2023).

Yanto mengatakan, harusnya kalau terlihat basahan oli di sekitar mesin, maka pemilik mobil segera memeriksa apakah terjadi pengurangan volume oli di mesin secara signifikan atau perlahan.

Dengan demikian, pemilik mobil bisa memperkirakan kapan harus melakukan penggantian atau penambahan oli mesin.

“Jika memang ada pengurangan volume oli mesin, maka kebocoran tersebut akan terus dikalkulasikan, sehingga oli mesin akan lebih cepat habis,” ucap Yanto.

Lebih lanjut dijelaskan, bila oli mesin sudah kurang, maka peluang terjadinya kerusakan pada mesin akan menjadi sangat tinggi. Kondisi tersebut akibat pelindung komponen yang bergerak sudah tak maksimal.

“Efeknya, jika diteruskan mesin bisa menjadi berisik karena komponen yang bergerak di dalam mesin mulai aus, menimbulkan celah yang lebih besar,” ucap Yanto.

Selain itu, bila diabaikan terlalu lama mesin bisa mogok karena komponen yang bisa macet imbas berkurangnya pelumas.

Jadi, bila terlihat ada kebocoran oli di area mesin pada mobil bekas sebaiknya perlu rutin memeriksa volumenya. Pastikan pengurangannya selalu terpantau supaya tepat waktu dalam menambah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sebelum Beli, Perhatikan Rembesan Oli pada Mesin Mobil Bekas", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/01/132200615/sebelum-beli-perhatikan-rembesan-oli-pada-mesin-mobil-bekas.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm