pasang sunroof mobil(dok Cibubur Sunroof)
pasang sunroof mobil(dok Cibubur Sunroof) ( KOMPAS.COM)

Kenali Perbedaan dari Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof

2 Juli 2023 19:40 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pada beberapa bagian atap mobil mewah, terkadang tersemat perangkat kaca yang bisa memberikan pemandangan langit lebih leluasa. Perangkat yang bisa dibuka dan ditutup secara elektrik ini kerap disebut sunroof.

Tapi fitur pada mobil mewah ini ternyata tidak cuma memiliki satu jenis saja, ada juga moonroof dan panoramic roof.

Lantas apa saja perbedaan ketiganya?

Avudt, pemilik bengkel spesialis sunroof dan moonroof, Cibubur Sunroof menjelaskan, salah satu perbedaan ketiganya dilihat dari ukuran kaca.

“Kalau sunroof itu ukuran kacanya hanya satu, di bagian depan. Cara buka kacanya naik ke atas. Moonroof kacanya juga hanya satu, tapi cara buka kacanya di geser ke dalam,” Avudt, kepada Kompas.com, Sabtu (1/7/2023).

Sedangkan untuk panoramic roof, kaca mobil dibuat membentang sepanjang atap kendaraan. Sehingga penumpang dapat lebih leluasa menikmati pemandangan di langit.

“Kalau panoramic roof terdiri dari dua kaca ukuran besar besar, yang satunya kaca mati yang satunya kacanya terbuka,” kata Avudt.

Sementara itu, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, sunroof terbuat dari panel dan sewarna dengan warna bodi kendaraan, serta bisa dibuka untuk cahaya masuk atau udara segar masuk.

Ada sunroof yang terbuat dari panel dan ada juga dari kaca, tapi letak kaca sunroof hanya di area depan atap mobil.

“Untuk moonroof terbuat dari kaca dan biasanya diwarnai lebih gelap untuk menyaring sinar matahari. Moonroof tidak bisa dilepas, namun hanya bisa digeser untuk mendapatkan udara segar. Moonroof dimensinya juga lebih luas dari sunroof dan letaknya di bagian atap mobil,” kata Didi.

Sedangkan untuk panoramic roof, keseluruhan atap kendaraan terbuat dari kaca. Berbeda dari sunroof dan moonroof yang cuma sebagian saja.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/02/142100515/kenali-perbedaan-sunroof-moonroof-dan-panoramic-roof.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm