Ilustrasi Microsoft Inc
Ilustrasi Microsoft Inc ( businessinsider.com)

Selain Activision Blizzard, Microsoft Ternyata Juga Incar Akuisisi Sega

3 Juli 2023 10:57 WIB

SonoraBangka.ID - Microsoft tengah berupaya melebarkan bisnis cloud gaming miliknya dengan mengakuisisi studio pengembang game seperti Activision Blizzard pada 2022.

Kini, laporan terbaru yang muncul mengindikasikan bahwa Microsoft juga mengincar untuk mengakuisisi unit studio game Sega. Sega adalah perusahaan pengembang dan pendistribusi software dan hardware video game kenamaan asal Jepang.

Kabar tersebut mencuat dari e-mail internal Xbox yang tersebar online. Isinya adalah soal strategi akuisisi perusahaan pada Mei 2021 lalu.

Dokumen internal Xbox tersebut sedianya diserahkan sebagai bukti dalam sidang hukum antara Komisi Perdagangan Federal Amerika Serikat (FTC) versus Microsoft.

FTC menempuh jalur hukum karena khawatir akuisisi studio pembuat game "Call of Duty" oleh Microsoft itu bakal menekan persaingan di industri game.

Dalam e-mail internal, kepala Xbox Phil Spencer secara khusus mengirim e-mail tertanggal 10 November 2020 kepada CEO Microsoft Satya Nadella, CFO Microsoft Amy Hood, dan beberapa petinggi Microsoft lainnya.

E-mail itu berisi permintaan persetujuan untuk mendekati Sega dan mengakuisisi studio game Sega.

"Kami percaya bahwa Sega telah membangun portofolio game yang seimbang di seluruh segmen dengan daya tarik geografis global, dan akan membantu kami mempercepat Xbox Game Pass baik di dalam maupun di luar konsol," tulis email Phil Spencer.

General Manager Micrososft, David Hampton membalas e-mail Spencer dengan kata "Game on" atau frasa yang digunakan untuk menandai dimulainya sesuatu. Namun, tidak ada kelanjutan soal kabar akuisisi studio game Sega oleh Microsoft ini.

Pada 2021, Sega diketahui menjalin kerja sama dengan Microsoft. Dalam sebuah posting di laman resmi, Sega mengatakan kesepakatan ini tercipta agar perusahaan dapat mengembangkan dan memproduksi video game "global berskala besar" dengan memanfaatkan teknologi cloud gaming Microsoft Azure.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm