ilustrasi tempe.
ilustrasi tempe. ( SHUTTERSTOCK/Lidya Elfa)

Saran Dari Koki, Berikut Ini 3 Tips Pilih Tempe Kualitas Bagus

3 Juli 2023 20:44 WIB

SonoraBangka.id - Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi dengan ragi.  Ketika kamu ingin membeli tempe, baik di pasar maupun di supermarket, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan tempe berkualitas bagus.  Kualitas tempe yang bagus dapat mempengaruhi rasa tempe ketika diolah nanti. Vicko Hadisatrya, Chef de Cuisine Hotel Fairmont Jakarta, membagikan 3 tips cara memilih tempe berkualitas bagus. 

1. Jangan pilih tempe yang lembek dan berair

Vicko mengatakan bahwa ketika sedang memilih tempe, pastikan untuk selalu menekan badan tempe agar mengetahui tekstur tempe.  “Tempe yang bagus itu dia tidak lembek dan tidak berair. Ketika tempe ditekan dan teksturnya keras, berarti tempe itu masih bagus,” ujar Vicko saat ditemui Kompas.com, Selasa (27/06/2023). Jika tempe bertekstur lembek dan terlihat berair, berarti tempe itu sudah tidak bagus dan kurang layak untuk dikonsumsi.  “Kita juga bisa tahu ketika tempe disentuh dan dia masih hangat, kemungkinan tempe itu juga masih segar,” lanjut Vicko.

2. Pilih tempe yang berwarna putih

Setelah memeriksa tubuh tempe lewat sentuhan, kamu harus perhatikan warna tempe, apakah putih segar atau tidak. Jika warnanya pucat, bisa dipastikan tempe tersebut sudah tidak segar. 

3. Pilih tempe yang terfermentasi dengan baik

Terakhir, hal yang harus diperhatikan, lanjut Vicko, adalah melihat apakah tempe tersebut sudah terfermentasi dengan baik atau belum.  “Tempe yang terfermentasi dengan baik adalah ketika bagian serabut putihnya merata dan menyelimuti seluruh kedelai,” tutup Vicko. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Tips Pilih Tempe Kualitas Bagus, Saran dari Koki", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/07/03/070606475/3-tips-pilih-tempe-kualitas-bagus-saran-dari-koki.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm