Ilustrasi Twitter Blue
Ilustrasi Twitter Blue ( KOMPAS.com)

TweetDeck Tak Lagi Gratis, Pengguna Wajib Langganan Twitter Blue

5 Juli 2023 10:16 WIB

SonoraBangka.ID - Twitter baru-baru ini membatasi jumlah cuitan (twit) yang bisa pengguna baca per harinya, yaitu 500 twit untuk pengguna baru yang belum terverifikasi (unverified), 1.000 twit untuk pengguna lama yang belum terverifikasi (unverified), dan 10.000 twit untuk pelanggan Twitter Blue

Pemilik Twitter, Elon Musk mengatakan bahwa hal ini dilakukan untuk mengurangi tingginya tingkat scraping atau ekstraksi data yang terjadi di Twitter, serta meminimalisir adanya manipulasi dalam sistem. 

Nah, kebijakan pembatasan twit ini tampaknya membuat sejumlah layanan yang berkaitan dengan Twitter turut menghadirkan sejumlah kebijakan terbaru. Salah satunya adalah layanan desktop streamreader atau pengelola aliran twit resmi dari Twitter, yaitu TweetDeck

Dalam sebuah twit resmi lewat handle @TwitterSupport, Twiter kini mengumumkan versi terbaru TweetDeck yang dijuluki TweetDeck 2.0. Dalam versi teranyar yang dirilis secara global ini, pengguna gratisan nantinya tak akan bisa lagi menggunakan TweetDeck.

Jika mereka ingin menggunakan aplikasi pengelola twit ini, maka mereka akun mereka harus mendapatkan lencana (badge) verifikasi alias mendapatkan status "verified" terlebih dahulu. 

Seperti diketahui, saat ini status akun verified hanya bisa didapatkan oleh pengguna yang berlangganan layanan Twitter Blue. Artinya, pengguna wajib berlangganan Twitter Blue terlebih dahulu agar bisa menggunakan TweetDeck.

Sehingga, secara tidak langsung, aplikasi TweetDeck akan mulai dikenakan biaya, tidak lagi gratis seperti sebelumnya. 

Masih bisa diakses gratis

Meski diumumkan berbayar, saat ini pengguna gratisan masih bisa menikmati TweetDeck secara gratis dalam 30 hari ke depan mulai dari hari ini, Selasa (4/7/2023).

Dengan begitu, pengguna gratisan mungkin tak akan lagi bisa mengakses TweetDeck pada Kamis (3/8/2023). 

Adapun versi TweetDeck yang dinikmati pengguna gratisan saat ini adalah TweetDeck Preview.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm