Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dalam sebuah kesempatan.
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dalam sebuah kesempatan. ( DOK. Humas Kemenperin)

Kunjungan ke China, Menperin Akan Sambangi Industri Otomotif BYD dan Huawei Bantian Base

5 Juli 2023 10:41 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Perindustrian (MenperinAgus Gumiwang Kartasasmita melakukan kunjungan kerja ke Kota Shenzhen, Republik Rakyat Tiongkok (RRT) 3-6 Juli 2023 untuk mengikuti sejumlah kegiatan terkait pengembangan kerja sama industri.

Salah satu kegiatan yang akan dihadiri Menperin Agus adalah China-ASEAN Forum on Emerging Industries 2023.

“Kegiatan tersebut juga sekaligus memperingati 30 tahun Hubungan Dialog ASEAN-RRT,” kata Agus dalam keterangan tertulis melalui laman resmi Kemenperin, Selasa (4/7/2023).

Agus mengatakan, dalam rangkaian kegiatan China-ASEAN Forum, dirinya bersama para menteri negara-negara ASEAN akan mengunjungi pabrik industri otomotif BYD dan Huawei Bantian Base.

Ia mengatakan, Indonesia membuka peluang kolaborasi dengan berbagai negara untuk mewujudkan target menjadi pemain industri utama dalam ekosistem kendaraan listrik.

"Hal ini juga sejalan dengan visi mewujudkan ASEAN yang lebih hijau dan berkelanjutan melalui keterlibatan sektor swasta yang aktif dan dengan orkestrasi kawasan yang terkoordinasi,” ujarnya.

Agus juga mengatakan, dalam forum tersebut akan disampaikan seputar peran Indonesia dalam Keketuaan ASEAN 2023, khususnya mewujudkan tiga pendorong strategis, yaitu pemulihan dan pembangunan kembali, optimalisasi potensi ekonomi digital, serta mengabadikan keberlanjutan dalam perekonomian demi kesejahteraan generasi mendatang.

“Kami mengharapkan forum tersebut dapat menghasilkan outcome penting bagi inovasi dan kolaborasi antara ASEAN dengan RRT,” tuturnya.

Di samping itu, Agus mengatakan, akan melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Industri dan Teknologi Informasi RRT Jin Zhuanglong.

Dalam pertemuan tersebut, kata dia, akan membahas peluang peningkatan kerja sama Indonesia-RRT di bidang industri.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm