Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Penembakan massal terjadi di tiga wilayah jelang Hari Kemerdekaan AS.
Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Penembakan massal terjadi di tiga wilayah jelang Hari Kemerdekaan AS. ( KOMPAS.com)

Perayaan Hari Kemerdekaan AS Berubah Jadi Kelabu Usai Penembakan Massal di Tiga Wilayah.

5 Juli 2023 11:23 WIB

SonoraBangka.ID - Jatuh pada tanggl 4 Juli, Hari Kemerdekaan Amerika Serikat (AS) meninggalkan catatan kelabu pada tahun ini.

Pasalnya, sebelum detik-detik perayaan kemerdekaan, penembakan massal terjadi di tiga wilayah AS yang menewaskan 10 orang. Dilaporkan Reuters, Rabu (5/7/2023), tercatat ada tiga penembakan, yakni di Philadelphia, Baltimore, dan Fort Worth, Texas. Motif dari tiga penembakan dalam waktu dekat tersebut masih belum jelas.

Di Fort Worth, Texas, tiga orang meninggal dunia dan delapan orang terluka dalam penembakan massal pada Senin (3/7/2023) malam. Penembakan massal berlangsung setelah festival lokal yang digelar untuk menandai liburan Hari Kemerdekaan AS.

Kendati demikian, kepolisian Fort Worth mengatakan, tidak ada penangkapan yang dilakukan dalam penembakan itu. "Kami tidak tahu apakah ini terkait rumah tangga, apakah terkait geng. Masih terlalu dini untuk mengatakannya pada saat ini," kata Shawn Murray, seorang pejabat polisi senior.

Pada malam yang sama, insiden serupa terjadi di Philadelphia hingga mengakibatkan lima orang tewas dan dua lainnya terluka. Korban luka merupakan anak laki-laki berusia 2 tahun dan 13 tahun, yang mendapat tembakan di bagian kaki.

Kepolisian setempat melaporkan, tersangka penembakan massal di Philadelphia jelang Hari Kemerdekaan mengenakan pelindung tubuh dan topeng ski. Dalam aksinya, pria berusia 40 tahun itu menggunakan senapan semi-otomatis AR-15 dan pistol 9 mm.

Sementara itu, pada malam sebelumnya, Minggu (2/7/2023), penembakan massal terjadi di lingkungan Brooklyn Homes di Baltimore. Diberitakan NPR, Selasa (4/7/2023), peristiwa kelam yang berlangsung di sebuah pesta jalanan itu telah menewaskan dua orang dan menyebabkan 28 orang terluka.

Sebagian besar korban merupakan anak-anak yang sedang menghabiskan waktu pekan liburan Hari Kemerdekaan AS atau 4th of July. Namun, pihak kepolisian mengaku masih mencari beberapa tersangka penembakan massal.

Penembakan massal, penembakan yang melukai dan membunuh empat orang atau lebih kerap terjadi pada awal Juli, terutama 4 Juli 2023. Catatan Gun Violence Archive seperti dikutip dari CNN, Selasa, libur Hari Kemerdekaan telah menyumbang penembakan massal terbanyak dari hari-hari lain dalam setahun selama hampir satu dekade.

Hal tersebut dikarenakan masyarakat Amerika akan berkumpul untuk merayakan sejarah dan budaya negara mereka. Di tengah sorak-sorai, kekerasan senjata seolah menjadi bagian dari perayaan setiap tahun ini.

Terkait hal ini, Presiden AS Joe Biden mengutuk penembakan massal terbaru yang terjadi menjelang 4 Juli 2023. Dia pun menegaskan kembali seruan pemerintahnya untuk memperketat undang-undang senjata Amerika yang masih longgar. "Bangsa kita sekali lagi mengalami gelombang penembakan yang tragis dan tidak masuk akal," kata presiden dalam sebuah pernyataan yang dirilis Selasa. Biden, Presiden dari Partai Demokrat, kemudian meminta anggota parlemen dari Partai Republik untuk kembali membahas reformasi yang masuk akal.

Sebab, sebelumnya, Partai Republik secara umum memblokir upaya reformasi undang-undang keamanan senjata. Partai oposisi itu telah menentang dorongan Joe Biden untuk mengembalikan larangan terhadap senjata serbu atau senapan laras panjang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penembakan Massal di Tiga Wilayah, Perayaan Hari Kemerdekaan AS Berubah Jadi Kelabu", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/2023/07/05/091500365/penembakan-massal-di-tiga-wilayah-perayaan-hari-kemerdekaan-as-berubah-jadi?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm