All New Toyota Agya GR Sport(KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda)
All New Toyota Agya GR Sport(KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda) ( KOMPAS.COM)

Jangan Paksa City Car Kerap Main Tanjakan, Bikin Umur Matik Pendek

5 Juli 2023 18:19 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Ada beberapa kesalahan pengguna mobil matik yang membuat transmisi berumur pendek. Pertama ialah gaya mengemudi yang kasar dan kedua peruntukan yang kurang tepat.

Pemilik bengkel spesialis Worner Matik Hermas Efendi Prabowo mengatakan, soal gaya mengemudi sudah banyak yang paham namun soal peruntukan yang tepat akan sulit sebab menyangkut mobilitas pemakai.

"Peruntukan, misalnya begini ada beberapa mobil LCGC yang tidak ada punya gigi low gear, tidak ada gigi satunya adanya gigi dua," ucap Hermas kepada Kompas.com, Senin (3/7/2023).

"Itu kenapa sebab mobil didesain untuk city car (pemakaian dalam kota), tapi orang kadang memakai mobil itu sampai ke Puncak atau Cianjur, Jawa Barat, nanti waktu balik bertanya kok mobil saya rusak," ujar Hermas.

Contoh mobil LCGC transmisi matik yang tidak memiliki gigi rendah atau posisi L, ialah Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Sehingga ketika menanjak cuma mengandalkan posisi terendah di 2.

"Karena itu mobil city car kemudian dipaksa menanjak terlalu tinggi memaksa di gigi D, tekanan oli untuk D kurang besar, jadi mobil itu berisiko untuk loss atau selip begitu," ujar Hermas.

"Kadang orang tidak menyadari itu, kadang dia pakai CVT tapi yang CVT murni, kemudian ke daerah yang tanjakannya terjal dan sebagainya. Itu tidak pada tempatnya. Orang belum sadar itu berpotensi merusak," ujar dia.

Selain itu kata Hermas, mengenai mobil yang dipakai tak kenal waktu atau istilahnya "kerja rodi."

Mobil dipakai terus tanpa istirahat, hal tersebut tak hanya berpengaruh pada mesin namun juga transmisi.

"Kemudian kadang orang memakai mobil matik enak, kuat menyetir sampai jauh sampai tidak pernah berhenti. Sudah begitu macet-macet akhirnya apa yang terjadi suhu (transmisi) matik jadi panas," kata dia.

"Suhu panas, oli panas, kembali lagi memengaruhi tekanan oli. Jika panas kondisi elektrikal juga terganggu, jadi sistem tidak berjalan dengan baik," ujar Hermas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Paksa City Car Kerap Main Tanjakan, Bikin Usia Matik Pendek", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/05/100200915/jangan-paksa-city-car-kerap-main-tanjakan-bikin-usia-matik-pendek.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm