Ilustrasi puding jeruk nipis
Ilustrasi puding jeruk nipis ( PIXABAY/DITO91)

Antigagal, Berikut Cara Membuat Puding Lapis Agar Menempel

6 Juli 2023 06:34 WIB

SonoraBangka.id - Puding lapis bisa terdiri dari dua atau lebih lapisan. Cara membuatnya sedikit berbeda dengan puding biasa. Sebab, lapisan puding harus saling menempel dan warnanya tidak bercampur agar terlihat sempurna. Salah membuat puding lapis akan menyebkan lapisannya tidak menempel, malah bisa memisah. Simak cara membuat puding lapis agar menempel sempurna dari buku "Puding Tempo Doeloe Dan Masa Kini" (2020) oleh Tim Ide Masak terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut ini.

1. Pakai api sedang saat merebus

Rebus bahan-bahan puding di dalam panci. Campur susu, jus, atau air, dengan agar-agar atau gelatin yang digunakan. Terus aduk rebusan bahan puding di atas kompor dengan api sedang agar tidak cepat mendidih dan bahannya bisa tercampur rata. 

2. Basahi cetakan puding

Sebelum menuang adonan puding ke dalam cetakan, basahi dulu wadah ini dengan air matang. Cetakan basah akan membantu puding lebih mudah dikeluarkan sehingga bentuknya tetap sempurna.

3. Jangan asal campur kuning telur

Bila menggunakan kuning telur, jangan asal mencampurnya ke dalam adonan kuning karena bisa menyebabkan puding berserabut. Jadi, kocok terlebih dulu kuning telur dengan sedikit adonan puding yang panas, lalu aduk rata dan tuang ke dalam adonan puding.

4. Tuang lapisan puding kedua setelah setengah beku

Kunci membuat puding lapis adalah menunggu lapisan pertamanya setengah memadat, tidak cair dan tidak sepenuhnya padat. Biarkan lapisan puding pertama mulai memadat, lalu tuang lapisan puding kedua. Jika lapisan puding pertama yang sudah mengeras, lapisan puding kedua tidak akan menempel.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Membuat Puding Lapis agar Menempel Sempurna dan Antigagal", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/07/05/180600975/4-cara-membuat-puding-lapis-agar-menempel-sempurna-dan-antigagal.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm