Ilustrasi daun salam. Efek samping daun salam.
Ilustrasi daun salam. Efek samping daun salam. ( KOMPAS.com)

Kenali Sederet Manfaat dan Efek Samping Daun Salam bagi Kesehatan.

6 Juli 2023 11:24 WIB

SonoraBangka.ID - Lantaran memiliki aroma khas, daun salam merupakan jenis tanaman yang kerap dijadikan bumbu penyedap masakan.

Bukan hanya penyedap, daun salam juga berguna untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Dikutip dari laman Healthline, penelitian menunjukkan bahwa tanaman ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol pada penderita diabetes.

Mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi, daun salam pun berpotensi membantu menyembuhkan luka. Studi juga membuktikan, ekstrak daun salam dapat mencegah batu ginjal dan memperbaiki memori. Namun, di balik manfaatnya, terdapat sejumlah efek samping daun salam yang jarang disadari. Lantas, apa saja efek sampingnya?

Efek samping daun salam Sebagai tanaman herbal, daun salam membawa manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah cukup. Jika dalam dosis berlebihan dan jangka waktu panjang, tanaman ini justru dapat mengakibatkan efek samping.

Dilansir dari Stylecraze, kelebihan konsumsi daun salam dapat menyebabkan beberapa efek buruk pada beberapa orang, termasuk masalah selama kehamilan, menyusui, dan operasi. Risiko juga termasuk interaksi dengan obat pengontrol gula darah, serta alergi pada beberapa orang.

Berikut efek samping daun salam, dihimpun Kompas.com dari berbagai sumber:

1. Gangguan pencernaan

Mengonsumsi daun salam secara utuh meski sudah dibersihkan dan dimasak, tidak direkomendasikan lantaran tidak aman. Pasalnya, menurut WebMD, daun salam tidak dapat dicerna tubuh walaupun telah dikunyah. Kondisi tersebut berpotensi menimbulkan gangguan berupa tersangkut pada tenggorokan atau masalah lain di saluran pencernaan.

2. Alergi
Saat dioleskan langsung ke kulit, ekstrak daun salam kemungkinan aman bagi sebagian orang. Namun, mengoleskan ekstrak daun ini pada orang dengan kulit lebih sensitif juga dapat memicu reaksi alergi.

3. Gula darah turun

Masih dari Healthline, penelitian menunjukkan bahwa daun salam dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Namun, konsumsi daun salam bersamaan dengan obat diabetes juga berpotensi menyebabkan hipoglikemia akibat penurunan kadar gula darah berlebihan. Oleh karena itu, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui takaran amannya.

4. Pengaruh pada anestesi
Hindari mengonsumsi daun salam untuk tujuan pengobatan setidaknya dua minggu sebelum menjalani operasi. Hal ini lantaran daun salam dapat memengaruhi fungsi sistem saraf pusat, sehingga berisiko mengganggu efek anestesi yang biasanya digunakan dalam pembedahan. 5. Masalah pernapasan Jika menderita asma atau masalah pernapasan lain, sebaiknya hindari untuk mengonsumsi daun salam. Tak hanya makan, menghirup asap atau udara dengan ekstrak daun salam juga harus dihindari. Sebab, efek samping daun salam termasuk berpotensi mengiritasi paru-paru dan selaput lendir.

6. Masalah kehamilan dan menyusui

Hingga saat ini, belum ada informasi ilmiah yang cukup terkait efek samping daun salam untuk wanita hamil dan menyusui. Namun, guna menghindari masalah kehamilan maupun menyusu, ibu hamil atau menyusui disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum mengonsumsi daun salam.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tak Cuma Manfaat, Kenali Sederet Efek Samping Daun Salam bagi Kesehatan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/2023/07/06/063000565/tak-cuma-manfaat-kenali-sederet-efek-samping-daun-salam-bagi-kesehatan?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm