Master rem mobil yang bocor jadi penyebab minyak rem berkurang (Dicky Aditya Wijaya)
Master rem mobil yang bocor jadi penyebab minyak rem berkurang (Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Bahaya Terjadinya Vapor Lock Saat Mobil Menghadapi Turunan Panjang

6 Juli 2023 19:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Melewati jalur pegunungan pengemudi mobil mesti paham cara mengerem yang benar. Bukan cuma cara mengerem di tanjakan namun juga saat melewati turunan panjang dan kondisi macet.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, kesalahan yang kerap terjadi ialah menggunakan rem terlalu sering sehingga rem panas. Dalam kondisi demikian rem bisa tidak pakem karena ada proses vapor lock.

"Saat berhenti kita tarik rem tangan kenapa pakai rem tangan, karena kalau pakai rem kaki terutama saat turunan rem bisa panas," kata Suparna kepada Kompas.com, Rabu (5/7/2023).

Suparna mengatakan, vapor lock atau dalam bahasa Indonesia kunci uap ialah kondisi di mana minyak rem mengandung uap air di dalam selang rem. Kondisi ini menghambat proses pengereman sehingga rem tidak bekerja.

"Kalau rem kepanasan, terutama jika minyak remnya jarang diganti sudah lama dan mengandung banyak uap air maka akan terjadi vapor lock," ujar Suparna.

"Kalau terjadi vapor lock, maksudnya di sini terjadi uap air, nah uap air di sistem rem itu dia seperti udara dia akan mengunci, vapor itu uap, jadi uap yang mengunci rem. Jadi saat rem ditekan akan loss (blong)," kata dia.

Untuk mengantisipasi hal itu, pemilik mobil perlu melakukan pengecekan minyak rem secara berkala, sesuai dengan spesifikasi tiap kendaraan. Sebab minyak rem juga memiliki spesifikasi yang bervariasi.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, bahwa penggantian minyak rem dilakukan secara berkala untuk memastikan sistem pengereman tetap terjaga.

Minyak rem mobil memiliki usia pakai umumnya tiga tahun atau setelah jarak tempuh mencapai 40.000 km. Walau masa pakainya panjang, pemilik jangan abai memperhatikan waktu penggantian minyak rem.

"Jika minyak rem tidak diganti dengan yang baru setelah melebihi masa pakai dikhawatirkan ada udara di dalam sistem pengereman. Sebab minyak rem bisa mendidih dan menghasilkan uap air," ucap Didi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bahaya Vapor Lock Saat Mobil Menghadapi Turunan Panjang", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/06/112200315/bahaya-vapor-lock-saat-mobil-menghadapi-turunan-panjang.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm