ac mobil(Kompas.com/Fathan Radityasani)
ac mobil(Kompas.com/Fathan Radityasani) ( KOMPAS.COM)

Penyebab Terjadinya Bau dari Luar Kabin Mobil Masuk ke Dalam

6 Juli 2023 20:03 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mobil biasanya memiliki fitur sirkulasi udara. Fitur ini memiliki dua tombol pengaturan, yaitu sirkulasi udara dari luar, dan sirkulasi udara yang cuma berputar di dalam kabin.

Membuka fitur sirkulasi dari luar ibarat seperti mengganti udara lama dalam dengan yang baru. Tapi, tidak sedikit yang memilih jarang menggunakan fitur tersebut mengingat udara dan polusi di jalan raya.

Meski demikian ada kasus walau tidak mengaktifkan sirkulasi udara bau dari luar bisa masuk ke dalam mobil. Contoh ialah bau asap kendaraan di depan, atau bau tempat pembuangan sampah.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, kabin mobil sebetulnya di desain tertutup sehingga hawa dari luar tidak bisa masuk. Bila baru dari luar masuk berarti sistem mekanisme penutup tidak rapat.

"Kabin sebetulnya tertutup, di mana ada tes kebocoran air dari pabrik. Tapi ada mekanisme agar ruangan itu agar udara bisa masuk. Makanya ada sistem pembukaan baik secara manual atau elektrik," kata Suparna kepada Kompas.com, Rabu (5/7/2023).

"Namun, kadang walau sudah dalam mode tertutup ada bau itu karena sesuatu dan lain hal. Misalnya karena sudah umur, kemudian ada sesuatu di situ sehingga posisi menutupnya tidak rapat," kata Suparna.

Suparna mengatakan, sistem sirkulasi udara kabin mobil terletak di depan kabin atau di belakang mesin. Ada sekat antar mesin dan kabin yang disalurkan dari celah di dekat wiper untuk masuknya udara.

"Jadi bau asap knalpot depan bisa masuk, atau misal bau pabrik kerupuk juga masuk dari situ," kata dia.

Suparna mengatakan, jika memang hawa atau bau dari luar sudah sering masuk dan dirasa mengganggu perjalanan maka pemilik mobil mesti datang ke bengkel untuk pengecekan.

Business Development Rotary Bintaro, Kelvin Ong, juga mengatakan, untuk tidak sering menyalakan fitur sirkulasi udara di jalanan Ibu Kota atau jalan lain yang berdebu dan polusi.

Alasannya hal tersebut bisa membuat debu tembus ke filter AC dan evaporator, sehingga tidak bisa memfilter udara dengan baik.

“Sirkulasi udara yang diaktifkan juga bisa membuat kecoa, cicak, dan serangga masuk hingga bersarang di dalam mobil atau dasbor dan box evaporator AC yang lembap,” ujar Kelvin.

Untuk itu Kelvin mengingatkan, sebaiknya sirkulasi udara diaktifkan saat kondisi tertentu saja, dan jangan lupa untuk menutupnya kembali ketika sudah tidak digunakan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penyebab Bau dari Luar Kabin Mobil Masuk ke Dalam", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/06/120200515/penyebab-bau-dari-luar-kabin-mobil-masuk-ke-dalam.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm