Ilustrasi pengendara motor saat hujan
Ilustrasi pengendara motor saat hujan ( KOMPAS.com)

Kemenhub Dorong Masyarakat Kurangi Pakai Motor, Beralih ke Transportasi Umum

7 Juli 2023 08:49 WIB

SonoraBangka.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendorong masyarakat untuk mengurangi penggunaan sepeda motor. Hal ini sebagai upaya untuk menekan angka kecelakaan di jalan, terlebih kebanyakan terjadi pada pengguna motor.

Upaya untuk mengurangi penggunaan motor akan dikampanyekan dalam Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ). Tujuannya untuk mendorong pengguna kendaraan pribadi beralih ke aktivitas jalan kaki, bersepeda, ataupun naik kendaraan umum.

Sekretaris Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Amirulloh mengatakan, sebagian besar kasus kecelakaan di jalan memang disebabkan oleh pengguna motor.

Menurut data Korlantas Polri, pada 2022 angka kecelakaan lalu lintas Indonesia mencapai 131.150, melonjak dari tahun 2021 yang sebanyak 103.645 kecelakaan.

Adapun dari total kecelakaan lalu lintas di 2022, terbanyak terjadi pada sepeda motor dengan porsi mencapai 74,35 persen. Lalu sebesar 13,16 persen kecelakaan angkutan barang.

Sisanya sebesar 7,81 persen kecelakaan angkutan orang, 1,58 kecelakaan tidak bermotor, 1,55 persen kecelakaan mobil penumpang, serta 1,55 persen kecelakaan lainnya.

"Secara umum, motor itu memang salah satu penyebab kecelakaan terbesar," ujar Amirullah dalam diskusi di Kantor Kemenhub, Jakarta, Kamis (6/7/2023).

Oleh sebab itu, perlu upaya dari semua stakeholder terkait untuk mengatasi permasalahan keselamatan lalu lintas jalan di Indonesia. Hal ini sekaligus sebagai upaya dalam menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas hingga 80 persen.

Maka melalui kampanye #RethinkMobility dalam Pekan Nasional Keselamatan Jalan yang dimulai 8 Juli 2023 ini, diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terkait keselamatan jalan. Salah satunya, meningkatkan minat untuk beralih ke transportasi umum.

Terlebih, kata Amirullah, berbagai moda transportasi umum khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, sudah cukup mampu menjadi alternatif yang aman dan nyaman bagi masyarakat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm