( )

Membiasakan Sarapan Setiap Hari Untuk Kesehatan Jantung

7 Juli 2023 15:57 WIB

SonoraBangka.ID- Sebuah studi dari University of Iowa melaporkan, kebiasaan melewatkan sarapan dapat berdampak negatif bagi kesehatan jantung, Selengkapnya, berikut adalah penjelasan tentang manfaat sarapan untuk kesehatan jantung.

Studi pertama yang mengaitkan hubungan antara sarapan dengan risiko penyakit kardiovaskular.

Para peneliti fokus pada 6.550 orang di Amerika Serikat (AS), yang berusia 40 hingga 75 tahun dalam rentang waktu tahun 1988 hingga 1994.

Mereka yang disurvei ditanya seberapa sering mereka sarapan,Sekitar 5 persen mengatakan bahwa mereka tidak pernah sarapan, 11 persen mengatakan mereka jarang sarapan, 25 persen melaporkan makan sarapan beberapa hari, dan 59 persen melaporkan makan sarapan setiap hari.

Para peneliti juga melaporkan bahwa mereka tidak tahu apa yang dimakan peserta untuk sarapan atau apakah mereka menyesuaikan kebiasaan makan mereka selama penelitian.

Agar sarapan menjadi bagian dari pola makan yang bergizi seimbang, berikut adalah beberapa makanan paling sehat untuk sarapan.

1. Telur

Telur meerupakan sumber protein yang sangat baik dan dapat dijadikan menu sarapan sederhana yang bergizi.

Telur mengandung protein yang membutuhkan waktu yang cukup untuk dicerna sehingga membantu merasa kenyang lebih lama.

Peserta penelitian juga menunjukkan bahwa asupan protein mereka lebih besar, yakni 25 gram.

2. Greek yoghurt

Greek yoghurt merupakan pilihan yang baik jika ingin sarapan sederhana, cepat, namun tetap bergizi.

Kalori di dalam Greek yoghurt lebih rendah Sebanyak 1 cangkir (245 gram) Greek yoghurt menawarkan 25 gram protein dan hanya 149 kalori.

Ditambah lagi, Greek penuh dengan nutrisi bermanfaat seperti kalsium, vitamin B12, zinc, kalium, dan fosfor. 

3. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu makanan paling sehat untuk sarapan, yang mengandung serat unik yang disebut beta glukan.

4.Buah

Semua buah relatif rendah kalori dan mengandung serat dan gula sederhana dalam jumlah yang baik Serat dalam buah membantu memperlambat penyerapan gula oleh tubuh dan memberi sumber energi yang stabil.

Bergantung pada jenis buahnya, buah juga akan memberikan berbagai vitamin dan mineral, Tak hanya itu, buah-buahan menyediakan berbagai senyawa polifenol dan antioksidan. 

SumberKompas.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm