Toyota Avanza generasi ketiga(Dok. TAM)
Toyota Avanza generasi ketiga(Dok. TAM) ( KOMPAS.COM)

Daihatsu Produksi 8 Juta Unit Mobil, Paling Banyak adalah Avanza

8 Juli 2023 21:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Daihatsu baru saja merayakan pencapaian produks ke 8 juta, tepatnya pada Jumat (7/7/2023), di PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sunter Assembly Plant, Jakarta.

Pencapaian tersebut didapat Daihatsu sejak hadir mewarnai industri otomotif di Indonesia selama 45 tahun, atau dimulai pada 1978.

“Kami mengucapkan terima kasih yang tulus atas kepercayaan dari seluruh pelanggan setia, pemerintah di Indonesia, serta seluruh pihak yang telah membantu capaian ke 8 Juta unit ini. Capaian ini juga berkat dukungan para stakeholder yang melibatkan lebih dari 1.700 supplier dan lebih dari 600 UMKM di Indonesia,” ucap Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor, Yasushi Kyoda, Jumat (7/7/2023).

Pada pasar domestik, Daihatsu mampu mempertahankan posisi nomor 2 penjualan ritel otomotif nasional selama 14 tahun berturut-turut. ADM juga mengekspor kendaraannya ke lebih dari 80 negara tujuan.

Saat ini Daihatsu punya lima pabrik di Indonesia yang mampu memproduksi 530.000 unit dalam setahun, sekaligus menjadi basis produksi dalam memenuhi permintaan domestik maupun global, bagi grup Daihatsu beserta Toyota.

Sri Agung Handayani selaku Marketing Director & Corporate Planning and Communication Director PT ADM mengatakan, dari total 8 juta itu, model paling banyak dibuat adalah Toyota Avanza.

“50 persen paling banyak Avanza, GranMax dan Rush. Baik domestik maupun yang global. Tiga model ini mendominasi,” ucap Agung, saat ditemui di Sunter, Jumat (7/7/2023).

Lebih rinci lagi, untuk Toyota Avanza diproduksi sebanyak 2,5 juta, sementara 1,5 juta lainnya merupakan produksi GranMax dan Rush.

“Saat ini masih seperti itu, karena 8 juta akumulatif dan tiga (model) besar saat itu masih yang terbanyak,” kata Agung.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Daihatsu Produksi 8 Juta Unit Mobil, Paling Banyak Avanza", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/08/115044915/daihatsu-produksi-8-juta-unit-mobil-paling-banyak-avanza.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm