Ilustrasi barista sedang membuat latte art.
Ilustrasi barista sedang membuat latte art. ( PIXABAY/STOCKSNAP)

Bukan Cuma Skil, Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Menjadi Barista

12 Juli 2023 17:04 WIB

SonoraBangka.id -  Profesi barista kian diminati seiring dengan tren kopi yang terus meningkat beberapa tahun belakangan ini. Sama halnya dengan pekerjaan lain, barista harus memiliki kemampuan mengenali kopi dan menyeduhnya dengan tepat. Hal lainnya juga penting diperhatikan oleh calon barista, disarankan langsung oleh Kiki Hermawan, Barista dan Learning and Development Wheels Coffee Roasters, berikut ini.

1. Pastikan kamu pencinta kopi

Menurut Kiki, seorang barista harus memiliki kecintaan terhadap kopi karena pekerjaan hariannya adalah mengolah bahan minuman ini. "Karena kan dia (barista) yang harus kalibrasi. Dia yang harus mencoba rasa kopi hari ini seperti apa," kata Kiki saat ditemui Kompas.com di Wheels Coffee Roasters Bandung, Jumat (7/7/2023). Ketertarikan menyeduh kopi dan membuat latte art, menurutnya, harus dibarengi dengan rasa ingin mencicipi seduhan kopi yang dibuat sebelum menyajikannya untuk pelanggan. Sebab, sangat disayangkan bila seorang barista tidak menyukai kopi, meskipun memiliki kemampuan yang baik.

2. Perhatikan sikap dan mau belajar

Terlihat sepele, nyatanya kebersihan diri seorang barista dan kondisi dapur atau ruang kerjanya menjadi perhatian penting. Menurut Eric Lowell, koki di Wheels Coffee Roasters, calon barista harus memahami cara bersikap yang baik, seperti yang dilakukan Eric di restoran miliknya. "Jadi attitude dia untuk higienis itu penting sekali. Buat saya, melayani makanan di FnB itu seperti dokter. Istilahnya, tamu kita ada yang hamil, ada yang sakit. Itu penting diperhatikan," jelas Eric. Eric juga menilai, ketepatan kerja barista menjadi penting. Bagaimana komitmennya untuk datang tepat waktu sesuai dengan ketentuan. Tak lupa niat belajar yang harus dimiliki seorang calon barista. Selama memiliki keinginan penuh dan bersikeras, proses belajar menjadi barista akan berakhir lebih cepat. 

3. Miliki kemampuan sebagai barista

Tugas utama barista adalah meracik atau menyeduh kopi. Jadi, sangat penting untuk memiliki beberapa kemampuan. "Sensory-nya harus oke. Kemampuan membuat gambar untuk latte art juga oke," ungkap Kiki. Kiki mengatakan, seorang barista juga harus bisa menggunakan teknik manual brew, yakni menyeduh kopi tanpa alat khusus. Kemampuan barista ini umumnya bisa didapatkan setelah satu tahun belajar rutin bagi pemula. "Kalau pemula dengan pengalaman nol banget, akan jadi bingung. Nah, kalau sudah berpengalaman, tinggal ikuti instruksi," tambah dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Jadi Barista, Bukan Cuma Skill", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/07/12/150300275/perhatikan-3-hal-ini-sebelum-jadi-barista-bukan-cuma-skill.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm