Ilustrasi coffee steak atau memasak daging dengan kopi.
Ilustrasi coffee steak atau memasak daging dengan kopi. ( SHUTTERSTOCK/DronG)

Tips Kuliner Dari Koki, Berikut Cara Masak Makanan Pakai Kopi

12 Juli 2023 17:06 WIB

SonoraBangka.id - Kopi biasanya diolah menjadi minuman, baik panas maupun dingin. Selain itu, serbuk kopi juga dapat dipadukan dengan makanan. Menurut Eric Lowell, koki di Wheels Coffee Roasters, bahan makanan apa saja cocok dipadukan dengan kopi. "Sebenarnya semua makanan cocok dengan kopi. Tinggal menentukan takarannya saja," kata Eric saat ditemui Kompas.com di Wheels Coffee Roasters Bandung, Jumat (7/7/2023).

Pasalnya, kopi memiliki aroma dan rasa yang kuat, terlepas dari jenis kopi apapun yang digunakan untuk memasak. Salah menakar, hasil akhir makanan bisa jadi menguat pada harum dan pahitnya kopi. Bahan makanan yang menurutnya cocok dipadukan dengan kopi adalah daging sapi, daging ayam, ikan, jamur, hingga tanaman buah dan bunga. 

"Kalau memasak daging sapi, saya campurkan dengan sedikit pala. Kalau untuk ikan, saya pakai daun segar, seperti thyme dan rosemary, dicampur kopi itu bisa masuk," jelasnya. Aneka buah juga dapat dicampur langsung dengan kopi, sementara tanaman bunga harus diekstrak menjadi sirup. "Jadi mengikuti standar luar negeri. Pakai sirup mawar yang biasa ada di luar negeri," tutur Eric. Kualitas kopi untuk dipadukan dengan masakan, bergantung pada sajian yang akan dihidangkan.

Eric menuturkan, sajian resmi seperti fine dining tentu memerlukan filter kopi, cukup mencampurnya dalam jumlah sedikit untuk mengeluarkan aroma dan rasa kopi. "Kalau kita bicara untuk makan siang atau makan malam biasa, kopinya itu yang penting aromanya kuat. Pakai jumlah banyak dengan rempah-rempah, itu bisa menyerap ke bahan dan enak banget," ungkap Eric.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Masak Makanan Pakai Kopi, Tips Kuliner dari Koki", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/07/12/140838175/cara-masak-makanan-pakai-kopi-tips-kuliner-dari-koki.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm