Ilustrasi lampu hazard yang menyala saat hujan(Grid.id)
Ilustrasi lampu hazard yang menyala saat hujan(Grid.id) ( KOMPAS.COM)

Ingat, Lampu Hazard Tidak Boleh Dinyalakan Saat Situasi Hujan

12 Juli 2023 20:09 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Memasuki musim pancaroba, hujan deras kerap dijumpai di beberapa wilayah Indonesia. Menyikapi hal ini, ada satu etika berkendara di tengah hujan yang harus dipahami pengguna jalan.

Saat situasi jalan hujan, masih cukup sering dijumpai pengendara yang menyalakan lampu hazard sembari tetap melaju.

Sikap tersebut merupakan satu kekeliruan yang sebaiknya ditinggalkan. Berbeda dengan anggapan umum, lampu hazard tidak boleh dinyalakan saat kendaraan melaju di tengah hujan.

Awalnya kebiasaan ini cuma dilakukan oleh pengendara mobil, tapi akhirnya berlanjut pula ke pengendara motor, mengingat skutik lansiran terbaru juga sudah dibekali fitur ini.

Agus Sani, Head of Safety Riding AHM Wahana menjelaskan, sikap tersebut bisa sangat membahayakan pengguna jalan lainnya, apalagi kalau kondisi hujan deras.

“Karena pengendara lain jadi tidak tahu, apakah kita mau belok kanan atau kiri, mau akselerasi atau deselerasi. Ini bisa membahayakan,” ucapnya kepada Kompas.com, Minggu (9/7/2023).

Dia menegaskan, hanya ada dua penggunaan lampu hazard di jalan yang bisa ditolerir, yakni saat situasi darurat dan pengendara harus menepi, atau saat pengendara harus menurunkan kecepatan dalam waktu singkat.

“Misalnya berkendara saat malam, ada orang yang mau menyeberang dan kita harus ngerem mendadak, lampu hazard bisa jadi isyarat pengendara di belakang. Ini baru dibenarkan,” ucapnya.

Anjuran penggunaan lampu hazard untuk mobil juga serupa. Menurut Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre (RDC), fitur ini tidak boleh sembarangan digunakan.

“Untuk lampu hazard, penggunaan yang dibenarkan hanya ketika situasi emergency saja dan mobil dalam keadaan berhenti,” ucapnya.

Menurut dia, yang dimaksud dengan situasi emergency adalah situasi di mana pengemudi mengalami kendala yang menganggu perjalanan dan harus menepi, seperti mobil mogok karena mesin overheat atau ban mendadak bocor.

Pada situasi macam itu, barulah lampu hazard boleh digunakan. Hal itu juga sejalan dengan regulasi pemerintah dalam pasal 121 ayat (1) Undang-undang No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).

Pasal 121 UU LLAJ berbunyi :

“Setiap Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau Parkir dalam keadaan darurat di Jalan,”

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingat, Lampu Hazard Tidak Boleh Dinyalakan Saat Hujan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/12/081200715/ingat-lampu-hazard-tidak-boleh-dinyalakan-saat-hujan?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm