Panel AC(Kompas.com/Erwin Setiawan)
Panel AC(Kompas.com/Erwin Setiawan) ( KOMPAS.COM)

Alasan Kenapa Dilarang Untuk Mematikan AC Mobil Saat Hujan

12 Juli 2023 21:31 WIB

SONORABANGKA.ID - Pada saat hujan turun, AC mobil biasanya terasa lebih dingin daripada biasanya. Selain menurunkan level putaran blower, pengendara biasanya juga bisa mengatur suhu menjadi lebih tinggi atau hangat.

Walau sudah diatur demikian, terkadang kita masih merasa kedinginan sehingga membuat tidak nyaman. Tapi, kita tidak boleh mematikan AC, kenapa?

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan ada dampak buruk mematikan AC mobil saat berkendara di hari hujan.

“Biasanya orang mematikan AC agar tidak dingin, padahal kondisi itu membuat kaca malah berembun,” ujar Didi dikutip dari Kompas.com, Rabu (12/7/2023).

Didi mengatakan suhu di dalam kabin yang lebih panas dari suhu udara luar akan membuat kaca mengalami kondensasi. Sehingga kaca berembun, dan menghalangi pandangan pengemudi.

Untuk mengatasinya, pengemudi harus tetap menyalakan AC namun dengan pengaturan tertentu. Paling penting jangan mengarahkan semburan AC ke kaca bagian samping kanan atau kiri, sebab hal ini malah membuat bagian kaca tersebut berembun.

“Kalau diarahkan ke kaca samping malah bahaya, karena bisa berembun dan mengganggu pandangan. Lebih baik arahkan ke atas atau bagian tengah antara pengemudi dan penumpang,” kata Didi.

Selain itu, atur kipas AC di setelan paling kecil. Di beberapa mobil biasanya ada pilihan angka 1, 2, 3 dan seterusnya untuk besaran kipas AC. Sementara untuk suhu bisa diatur di posisi yang lebih tinggi atau lebih panas.

“Dengan kipas paling kecil, dan suhu sekitar 23 derajat celcius, sudah cukup aman tidak terlalu dingin dan tidak bikin embun,” ucapnya.

Didi mengatakan kalau pengaturan tertentu masih terasa dingin, bisa membuka kaca sedikit, terutama mobil yang ada talang airnya. Dengan demikian, udara di dalam kabin akan sama dengan udara luar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Kenapa Dilarang Mematikan AC Mobil Saat Hujan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/12/101200815/alasan-kenapa-dilarang-mematikan-ac-mobil-saat-hujan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm