lustrasi sashimi dengan soy sauce.
lustrasi sashimi dengan soy sauce. ( WIKIMEDIA/JODITRAN)

Identik Dengan Saus Asin Dan Manis, Berikut Ciri Khas Makanan Jepang

13 Juli 2023 06:57 WIB

SonoraBangka.id -  Kuliner dari setiap negara tentu memiliki ciri khas, tak selalu bisa ditemukan di daerah lain. Makanan khas Jepang, misalnya. Mulai dari ramen, tempura, udon, gyoza, hingga susyi yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Menurut Chef Tsukuma Coffee Bar & Izakaya, Ari Kriswanto, masakan jepang umumnya masih dibuat dengan bahan makanan yang sama. "Semua makanan basic-nya mungkin sama ya, tetapi yang diunggulkan masakan jepang itu saus," kata Ari saat dihubungi Kompas.com, Senin (10/7/2023).

Jenis daging dan seafood dalam masakan jepang tak jauh berbeda dengan yang lain, seperti udang, salmon, dan ayam. Namun, ada beberapa seafood yang identik dengan masakan jepang. Misalnya, unagi atau sidat yang jarang ditemukan pada makanan dari negara lain. Ari mengatakan, saus jepang identik dengan soy sauce yang cocok dipadukan dengan beragam makanan. Ada dua saus dasar jepang yang populer, yakni saus tare dan saus shio. 

"Kalau tare kan manis ya, yang asin itu saus shio. Jadi memang kuat di sausnya kalau masakan jepang," ujar Ari. Berbicara teknik masakan, sajian jepang biasanya diolah dengan metode singkat bila dibandingkan dengan Indonesia. Bumbu masakan khas Jepang ini juga berbeda dengan Korea.

Menurut Ari, Jepang mengandalkan shoyu, sementara sajian korea banyak menggunakan gocujang. Kedua bumbu tersebut menghasilkan cita rasa berbeda pada makanan dari negara di Asia Timur tersebut. Shoyu menjadikan masakan jepang terasa lebih gurih, sementara gochujang membuat makanan bercita rasa pedas, manis, dan gurih.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ciri khas Makanan Jepang, Identik dengan Saus Asin dan Manis", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/07/12/080800975/ciri-khas-makanan-jepang-identik-dengan-saus-asin-dan-manis.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm