ilustrasi telur dadar padang.
ilustrasi telur dadar padang. ( SHUTTERSTOCK/Michaelnero)

Bikin Mengembang Dan irit Telur, Berikut 6 Bahan Campuran Telur Dadar

13 Juli 2023 09:39 WIB

SonoraBangka.id - Telur dadar jadi favorit banyak orang dari berbagai rentang usia. Anak-anak sampai orang dewasa umumnya suka telur dadar.  Selain itu, telur dadar selalu jadi lauk andalan saat tanggal tua atau waktu masak hanya sedikit.  Kamu bisa mencampur berbagai bahan protein dan sayuran dengan telur untuk membuat telur dadar yang lebih tebal dan lezat.  Selain irit telur, bahan campuran pada telur dadar ini juga menambah gizi. Berikut lima bahan yang cocok dicampur dengan telur dadar.  

1. Tahu putih 

Telur dadar tahu bisa jadi pilihan bagi kamu yang ingin telur dadar tebal dan rasanya tetap netral. Sebab, tahu putih memiliki rasa yang terbilang cocok disajikan dengan berbagai jenis makanan.  Hancurkan tahu putih asal, jangan terlalu lumat untuk membuat telur dadar tahu putih. Apabila tahu terlalu lumat, telur dadar akan sulit dibalik. 

2. Daun bawang dan bawang merah iris

Bahan aromatik seperti daun bawang dan bawang merah iris selalu cocok dicampur dengan telur. Khusus bawang merah iris, oseng sebentar saja jangan sampai garing sebelum dicampur ke telur dadar.  Ini bertujuan agar bawang merah tidak terlalu pedas, khususnya jika telur dadar bawang disajikan untuk anak. 

3. Buncis 

Pernah campur irisan buncis ke telur kocok lepas? Buncis akan menghadirkan tekstur renyah pada setiap gigitan telur dadar.  Selain itu, buncis termasuk sayuran cepat matang sehingga cocok dicampurkan untuk telur dadar yang masaknya hanya sebentar. 

4. Lobak kering 

Orang Tionghoa biasanya mencapurkan lobak kering atau disebut caipo (choi poh) dalam telur dadar.  Lobak kering ini adalah irisan lobak yang dikeringkan dengan gula dan garam. Umumnya dijual di toko kelontong orang tionghoa di pasar. Ada dua jenis yang asin dan manis.  Khusus telur dadar biasanya yang digunakan adalah lobak kering manis. Lauk makan ini biasanya disantap dengan bubur putih polos untuk sarapan. 

5. Bayam dan keju

Perpaduan telur, bayam, dan keju ini digunakan dalam hidangan frittata khas Italia.  Ingat gunakan daun bayam saja, jangan tangkainya.  Tangkai bayam susah matang, sehingga kruang cocok digunakan untuk telur dadar. Kamu juga bisa mencampurkan bahan lainnya seperti paprika merah untuk membuat frittata.  

6. Daging giling 

Daging giling ayam atau sapi, bisa juga udang cincang bisa jadi bahan tambahan untuk mencampur telur dadar yang kita kenal dengan nama fuyunghai.  Tumis dahulu daging ayam atau sapi sampai matang baru campur pada telur dan dadar untuk menjamin kematangannya. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Bahan Campuran Telur Dadar, Bikin Mengembang dan Irit Telur  ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/07/10/132700475/6-bahan-campuran-telur-dadar-bikin-mengembang-dan-irit-telur-?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm