Ilustrasi mengantuk di siang hari, penyebab mengantuk di siang hari, cara mengatasi mengantuk di siang hari
Ilustrasi mengantuk di siang hari, penyebab mengantuk di siang hari, cara mengatasi mengantuk di siang hari ( Shutterstock/fizkes )

Ternyata, Ngantuk Setelah Makan Dikarenakan Hal Ini, Berikut Penjelasan dr Zaidul Akbar

13 Juli 2023 11:13 WIB

SonoraBangka.id - Kegiatan setiap hari yang dilakukan oleh manusia adalah makan.

Namun, ada sebagian orang yang mungkin mengantuk setelah makan.

Mungkin anda pernah merasakan ngantuk ketika selesai makan?

Anda harus tahu, ternyata ada permasalahan pada makanan dan pola hidup yang harus diperbaiki jika mengalami ngantuk setelah makan.

Penggagas kampanye Jurus Sehat Rasulullah, dr Zaidul Akbar menjelaskan bahwa ngantuk usai makan dikarenakan tubuh tidak bisa mengolah makanan.

Selain itu, makanan yang dikonsumsi tidak memberikan nutrisi.

"Kalau ada makanan yang kita makan lalu kita ngantuk gara-gara makanan tadi maka kata kuncinya apa? kata kuncinya tubuh kita tidak bisa ngolah makanan tadi, atau makan yang di makan miskin nutrisi," ujarnya.

Ia menjelaskan mengapa ngantuk setelah makan, hal ini karena makanan yang di makan susah atau tidak bisa diolah oleh tubuh. 

"Sekarang misalkan anda makan nasi, campur gulai apalah, gulai macam-macam gitu kan, campur sayurannnya juga pakai santan biasanya habis makan itu ngantuk kan? kenapa? karena yang di makan tidak bisa diolah badan, kalau tubuh nggak bisa ngolah maka apa yang terjadi? tubuh minta istirahat.

Itu sebabnya, kalau bahasa saya tadi kenapa makan itu terbaik siang hari maka islam mengajarkan supaya makannya baik, supaya tubuhnya siap dengan enzim maka Rasulullah mengajarkan namanya apa? tidur siang, jadi sebelum, katakanlah anda makan setengah satu ni, setengah dua belas tidur dulu untuk mengistirahtkan enzim dan nabi mengatakan apa? tidur siang itu adalah untuk persiapan malam hari," katanya.

SumberBangka.tribunnews.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm