Ilustrasi kendaraan listrik atau electric vehivle (EV). (Dok. Freepik)
Ilustrasi kendaraan listrik atau electric vehivle (EV). (Dok. Freepik) ( KOMPAS.COM)

Penjelasan PLN Mengapa Biaya Untuk Kepemilikan Kendaraan Listrik Lebih Murah

13 Juli 2023 20:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo menyatakan ada penjelasan ilmiah mengapa kendaraan bermotor listrik lebih hemat ataupun murah dibandingkan kendaraan berbahan bakar minyak (BBM).

Penjelasan ini tidak lepas dari hukum kekekalan energi. Jadi, efisiensi BBM yang berhasil jadi energi gerak dalam kendaraan hanya sekitar 13-15 persen saja. Sisanya, jadi energi panas.

Sementara pada energi listrik, proses untuk menjadi energi gerak, lebih efisien hingga mencapai sekitar 80 persen. Sehingga, energi panas yang dihasilkan pun hampir tidak ada.

"Energi itu tidak bisa diciptakan atau tidak bisa dimusnahkan, tapi bisa diubah menjadi bentuk energi lain dalam ekosistem tertutup," jelas Darmawan dalam RDP Panja bersama Komisi VI DPR RI yang disiarkan virtual di YouTube, Rabu (12/7/2023).

"Pada kendaraan internal combustion engine, itu ada piston naik. Ada spray bahan bakar, kemudian dibakar dan bergerak, lantas turun lagi (piston). Naik lagi, di-spray lagi, seperti itu terus. Maka efisiensi dari BBM jadi energi kinetik hanya 13-15 persen sisanya jadi energi panas," lanjutnya.

Adapun pada kendaraan listrik, untuk menghasilkan energi gerak lebih efisien. Ia mencontohkan pada kasus kipas angin, dari energi listrik jadi energi kinetik efisiensinya lebih dari 80 persen.

"Panasnya pun hampir tidak ada. Itu buktinya kenapa kipas angin tidak ada knalpot karena energinya diubah jadi energi kinetik," ucap Darmawan.

Dengan alasan tersebut, tidak heran bila harga isi daya kendaraan listrik jadi lebih murah. Ia memperkirakan, biaya satu liter bensin untuk perjalanan mobil sekitar 10 kilometer setara dengan 1,5 kWh listrik.

Bila dikonversi dengan harga sekarang, maka sekitar Rp 1.600 atau Rp 2.500, tergantung wilayah. Perbandingannya, harga Pertalite kini Rp 10.000 per liter sementara Pertamax Rp 12.400 per liter.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penjelasan PLN Mengapa Biaya Kepemilikan Kendaraan Listrik Lebih Murah", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/13/120200515/penjelasan-pln-mengapa-biaya-kepemilikan-kendaraan-listrik-lebih-murah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm