Stok BBM dan LPG di kelima Provinsi operasional Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut yang meliputi Aceh, Sumut, Sumbar, Riau dan Kepri dipastikan Aman.(KOMPAS.COM/HADI MAULANA)
Stok BBM dan LPG di kelima Provinsi operasional Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut yang meliputi Aceh, Sumut, Sumbar, Riau dan Kepri dipastikan Aman.(KOMPAS.COM/HADI MAULANA) ( KOMPAS.COM)

Mitos atau Fakta, Isi Bensin Sampai Luber Bisa Membuat Motor Irit BBM?

13 Juli 2023 21:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Ada satu anggapan soal konsumsi BBM pada motor, menurut sebagian pengguna, mengisi BBM sampai luber bisa membuat motor jauh lebih irit.

Anggapan ini muncul karena setelah motor diisi hingga luber, penurunan garis indikator nampak jauh lebih lambat, namun apakah hal ini benar?

Dijelaskan oleh Anto Hananto, Kepala Teknisi AHASS 88, ada beberapa kesalahpahaman yang harus diluruskan terkait hal ini.

Isi bensin motor sampai luber memang memperlambat penurunan garis indikator bensin, tapi hal itu bukan karena konsumsi BBM jadi irit.

“Soalnya bensin sudah melebihi kapasitas yang bisa dibaca fuel sensor (sensor BBM), jadi kesannya bensin enggak turun-turun, tapi bukan karena awet,” kata dia kepada Kompas.com, Kamis (13/7/2023).

Dia menambahkan, batas maksimal yang bisa dibaca oleh sensor BBM adalah di bawah garis penahan bagian dalam tangki. Komponen ini bisa dijumpai pengguna saat sedang mengisi bensin.

“Jadi kalau isi bensin melebihi batas kapasitas, kelihatannya seolah bensin awet, padahal itu cuma karena enggak kebaca saja,” kata Anto.

Anto menambahkan, tangki bensin motor-motor lansiran terbaru biasanya mempunyai ruang tambahan sekitar 0.5 liter hingga 1 liter.

“Itu lumayan banyak, kemungkinan bisa dapat jarak tempuh tambahan sekitar 30 kilometer, tergantung konsumsi bbm motornya,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Isi Bensin Sampai Luber Bikin Motor Irit BBM?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/13/200720615/mitos-atau-fakta-isi-bensin-sampai-luber-bikin-motor-irit-bbm.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm