GM PLN Babel, Mohammed Munief Budiman ikut serta mengkampanyekan penggunaan kendaraan listrik
GM PLN Babel, Mohammed Munief Budiman ikut serta mengkampanyekan penggunaan kendaraan listrik ( Humas PLN)

Dukung Net Zero Emission Tahun 2060, PLN Ajak Masyarakat Pakai Motor Listrik

16 Juli 2023 10:18 WIB

SONORABANGKA.ID – Penggunaan kendaraan listrik merupakan suatu trend era baru didunia otomotif maupun transportasi yang saat ini sedang ramai disosialisasikan oleh pemerintah.

Hal ini merupakan wujud dari komitmen untuk mencapai net zero emission (NZE) pada tahun 2060.

Manajemen PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (PLN Babel) bersama Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Belitung terus mengajak masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik, salah satunya dengan rutin mengkampanyekan motor listrik tersebut.

Komitmen ini terlihat saat gelaran touring motor listrik yang dilakukan di Belitung.

Touring dimulai dari PLTU Suge Belitung. Touring ini merupakan touring yang kesekian kalinya dilakukan oleh PLN. Bahkan saat ini sudah ada Komunitas Motor Listrik di Babel yang membernya terdiri dari berbagai kalangan.

“Touring motor listrik ini dilakukan bukan sekedar perjalanan bersama menggunakan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) mengelilingi rute sepanjang lebih kurang 30 km, namun bertujuan mengajak masyarakat untuk menggunakan energi bersih dan ramah lingkungan untuk mencapai target net zero emission pada tahun 2060,” ungkap Mohammed Munief Budiman selaku GM PLN Babel.

Ia menjelaskan, Kendaraan listrik memiliki berbagai keunggulan dibandingkan kendaraan konvesional yang menjawab kebutuhan masyarakat. Komparasi penggunaan motor bahan bakar minyak (BBM) dan bahan bakar listrik memiliki perbedaan efisiensi yang cukup besar presentase perbandingannya. Belum lagi dari segi biaya perawatan. Motor listrik diklaim minim biaya perawatan karena perangkat mesinnya yang minimalis dan tidak melakukan pembakaran bahan bakar.

Saat ini PLN sudah menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraaan Listrik Umum (SPKLU) yang ada di kantor PLN UP3 Belitung.

“Selain motor listrik, sekarang sudah ada juga yang menggunakan mobil listrik di Belitung ini, untuk itu kami sudah menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraaan Listrik Umum (SPKLU) yang ada di kantor PLN UP3 Belitung. Pengisiannya sangat mudah karena dapat menggunakan Aplikasi PLN Mobile yang terhubung dengan perangkat SPKLU” tutur I Made Agus Dwi Putra selaku Manager PLN UP3 Belitung yang ikut juga dalam touring motor listrik tersebut.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm