Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers bersama Mensesneg Pratikno dan Menkominfo Budi Arie Setiadi di Istana Negara, Senin (17/7/2023)
Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers bersama Mensesneg Pratikno dan Menkominfo Budi Arie Setiadi di Istana Negara, Senin (17/7/2023) ( Dok. Sekretariat Presiden )

Mandat Jokowi untuk Menkominfo Baru: Selesaikan Proyek BTS 4G dan Masalah AI

17 Juli 2023 14:10 WIB

SonoraBangka.ID - Budi Arie Setiadi resmi menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang baru.

Mantan Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes-PDTT) sekaligus Ketua kelompok relawan Pro Jokowi (ProJo) ini dilantik secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Senin (17/7/2023).

Selepas acara pelantikan, Jokowi langsung memberikan mandat kepada Budi Arie untuk segera merampungkan pekerjaan rumah (PR) besar Kementerian Kominfo yang belum tuntas. Salah satunya adalah menyelesaikan proyek pembangunan menara base transceiver station (BTS) 4G di wilayah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal).

Selain itu, Jokowi juga memberikan mandat untuk merampungkan sejumlah masalah lain yang berkaitan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi seperti kecerdasan buatan (artificial intelligence).

"Kita punya waktu yang sangat pendek, yakni 1,5 tahun kurang. Sehingga, saya ingin (tugas) yang pertama di Kominfo adalah penyelesaian BTS, itu harus diutamakan," kata Jokowi sebagaimana dikutip dari KompasTV, Senin (17/7/2023).

Jokowi tak memungkiri bahwa hal tersebut merupakan tugas "berat" untuk Kominfo untuk saat ini. Namun, Jokowi menegaskan bahwa penyelesaian proyek BTS 4G harus tetap berjalan karena menyangkut pelayanan kepada masyarakat yang ada di wilayah 3T.

Sedianya, Kominfo melalui Bakti Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) diamanahkan membangun BTS di 7.904 desa/kelurahan 3T selama 2 tahun (2021-2022). Namun, proyek ini diduga dikorupsi sehingga merugikan negara diprediksi hingga Rp 8 triliun.

Semula, pembangunan BTS 4G di daerah-daerah tersebut ditargetkan rampung dalam dua periode. Pertama, tahun 2021 akan dibangun BTS di 4.200 desa/kelurahan. Kemudian, tahun 2022 akan dibangun BTS di 3.704 desa/kelurahan.

Namun, laporan per Maret 2022, terdapat 1.110 menara BTS yang dilaporkan berdiri. Padahal, target awalnya ada 4.200 menara yang berdiri pada periode awal. Dari 1.110 menara BTS yang dilaporkan telah berdiri, setelah diperiksa lewat satelit, yang benar-benar berdiri ternyata hanya 958 unit.

Tuntaskan masalah AI dan kedaulatan data

Presiden Jokowi mengungkapkan, Menkominfo Budi Arie kini akan dibantu oleh Nezar Patria selaku Wakil Menkominfo.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm