Ilustrasi AC Mobil(Freepik/Dianabygu)
Ilustrasi AC Mobil(Freepik/Dianabygu) ( KOMPAS.COM)

Tidak Perlu Khawatir Gagal Saat Melewati Jalan Menanjak gara-gara AC Mobil Menyala

17 Juli 2023 18:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah AC mobil kerap dianggap dapat membebani kinerja mesin saat bekerja karena kompresor AC diputar mengambil gaya putar mesin.

Hal ini dikaitkan dengan kemampuan mobil saat melibas tanjakan. Katanya, dengan mematikan AC mobil menjadi lebih kuat untuk melewati tanjakan.

Tapi, kondisi tersebut tidak akan berlaku jika mobil sudah dilengkapi kompresor AC listrik.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, mematikan AC saat berkendara memang bisa memengaruhi performa mesin.

“Mematikan AC saat melewati jalan menanjak memang bisa memengaruhi kinerja mobil. Pasalnya, kompresor AC digerakkan oleh belt dan berputar mengikuti putaran mesin," katanya saat dihubungi Kompas.com.

"Sehingga ketika kompresor AC mati, otomatis beban mesinnya juga akan berkurang,” lanjut dia.

Hal yang sama juga dikatakan Dealer Technical Support Dept Head Toyota Astra Motor Didi Ahadi dalam kesempatan terpisah. Tapi, menurut dia, mematikan AC tidak begitu berpengaruh membuat mobil bisa menanjak.

Asalkan, beban mobil tidak begitu besar seperti muatan yang masih ada pada batas aman dan tidak adanya modifikasi berlebihan.

Selain itu, menurut Didi, ketika melewati tanjakan yang curam hal yang paling dibutuhkan sebenarnya adalah kemampuan si pengemudi dalam mengendarai mobilnya.

"Misalkan saat tanjakan, jalanan macet, maka pengemudi harus punya kemampuan start-and-go, terutama yang mobilnya manual. Kalau tidak, dikhawatirkan mobil akan mundur," kata dia.

Bagaimanapun, kinerja kompresor AC memang dapat membebani jika masih saja mengandalkan putaran mesin. Tapi, akhir-akhir ini banyak mobil yang sudah dibekali kompresor listrik khususnya pada mobil-mobil hybrid dan listrik.

Technical Leader Nasmoco Demak Eko Sulistyo mengatakan, dengan kompresor listrik maka pengemudi tidak perlu khawatir gagal menanjak karena AC mobil menyala.

“Kompresor AC pada mobil-mobil hybrid atau listrik sudah tidak ada hubungannya dengan putaran mesin karena dia digerakkan oleh motor yang mengandalkan daya baterai,” ucap Eko kepada Kompas.com, Minggu (16/7/2023).

Jadi, dengan tipe kompresor ini, pengemudi mobil bisa lebih percaya diri saat melibas tanjakan walau AC mobil tetap hidup.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tidak Perlu Khawatir Gagal Menanjak gara-gara AC Mobil Menyala", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/17/091200315/tidak-perlu-khawatir-gagal-menanjak-gara-gara-ac-mobil-menyala?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm