Foto: Ilustrasi WhatsApp
Foto: Ilustrasi WhatsApp ( AP/Patrick Sison)

Hati-hati! Ada Modus Penipuan WhatsApp Terbaru Pakai Surat Tilang

18 Juli 2023 08:13 WIB

SonoraBangka.id - Akhir-akhir ini, modus penipuan melalui pesan WhatsApp masih ramai saja terjadi.

Modus penipuan terbaru adalah dengan mengirimkan file bermodus surat tilang.

Biasanya, pelaku modus penipuan online bakal nyamar jadi polisi yang mengirim surat tilang ke korban lewat chat WhatsApp.

Nah, file yang dikirim pun biasanya berupa ekstensi APK yang sebenarnya yang merupakan malware berbahaya yang mampu menguras rekening korban dalam hitungan menit.

Melansir NexTren, kalau kita sampai menginstall malware tersebut, malware secara diam-diam mendapatkan izin akses tidak terbatas pada perangkat korban!

Supaya kita tidak jadi korban, lakukan beberapa tips di bawah ini untuk menghindari penipuan online modus surat tilang di WhatsApp!

1. Selalu Amankan Akun

Langkah pengamanan akun adalah hal yang penting untuk dilakukan, pastikan informasi sensitif tidak kita bagikan kepada siapapun.

Setiap pengguna juga harus menggunakan pengelola kata sandi terpercaya untuk membuat dan mengingat kata sandi yang berbeda dan rumit untuk setiap akun.

Hindari penggunaan kata sandi yang mudah seperti "password", "1234", atau tanggal lahir.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm