Titik Nol Nusantara di IKN. Pemerintah sedang membangun rumah menteri di IKN. Pemerintah sebut belum ada PNS yang tolak pindah ke IKN.
Titik Nol Nusantara di IKN. Pemerintah sedang membangun rumah menteri di IKN. Pemerintah sebut belum ada PNS yang tolak pindah ke IKN. ( KOMPAS.com)

IKN Diproyeksikan Jadi Kota Netral Karbon Pertama di Indonesia

18 Juli 2023 08:17 WIB

SonoraBangka.ID - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) turut memberikan pemahaman tentang pentingnya kota yang menjalankan prinsip-prinsip Green (Hijau), Smart (Pintar), Inclusive (Inklusif), Resilient (Ketangguhan), and Sustainable (Berkelanjutan).

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (Otorita IKN) Bambang Susantono memaparkan, konsep pembangunan Ibu Kota Nusantara berfokus untuk menjadikannya kota hutan yang pintar dan berkelanjutan. Nantinya, dari sekitar 256.000 hektar area IKN, 65 persennya akan ditransformasikan menjadi hutan tropis.

Ia mengatakan, pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) juga sejalan dengan target-target global. Antara lain dengan berperan aktif dalam mengatasi perubahan iklim.

Menurutnya, IKN akan menjadi kota pertama di Indonesia yang memiliki Locally Determined Contribution (LDC), atau komitmen aksi iklim di tingkat kota.

LDC ini selanjutnya akan berkontribusi pada Nationally Determined Contribution Indonesia dalam memenuhi target iklim di Paris Agreement.

"Transformasi menuju kota hutan berkelanjutan ini juga ditargetkan akan menjadikan IKN sebagai kota netral-karbon pertama di Indonesia di 2045," ujar Bambang dalam keterangan tertulisnya, Minggu (16/7/2023).

Troy Pantouw, Tenaga Ahli Komunikasi Otorita IKN menambahkan, Kota Nusantara yang sedang dalam taraf pembangunan ini mengundang berbagai pemangku kepentingan untuk berkolaborasi memberikan kontribusi menuju visi Indonesia emas 2045.

Adapun visi Indonesia emas 2045 memiliki empat dimensi yaitu pengembangan sumber daya manusia dan teknologi terkini, pengembangan ekonomi yang berkelanjutan, pemerataan hasil-hasil pembangunan serta memperkuat ketahanan nasional dan tata kelola. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "IKN Diproyeksikan Jadi Kota Netral Karbon Pertama di Indonesia ", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/07/17/170600226/ikn-diproyeksikan-jadi-kota-netral-karbon-pertama-di-indonesia-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm