Ilustrasi kopi
Ilustrasi kopi ( KOMPAS.com)

Minum Kopi Saat Perut Kosong Berbahaya bagi Kesehatan! Ini Alasannya

18 Juli 2023 11:19 WIB

SonoraBangka.ID - Kopi memiliki sederet manfaat dan efek positif bahkan negatif bagi kesehatan tubuh manusia.

Minum kopi secara teratur dan takaran tepat dikaitkan dengan umur panjang, pencegahan penyakit jantung, diabetes, penyakit alzheimer, dan bahkan kanker.

Namun, dilansir dari Hindustan Times, minum kopi pada pagi hari ternyata bisa menimbulkan efek yang berbahaya pada tubuh apabila dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Beberapa dampak yang mungkin terjadi adalah terkait dengan masalah pencernaan, ketidakseimbangan gula darah, lonjakan tingkat stres, dan lainnya.

Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya tidak minum kopi saat perut kosong:

1. Kopi bisa menyebabkan gangguan pencernaan

Alasan pertama mengapa minum kopi saat perut kosong berbahaya untuk tubuh, yakni karena kopi dapat merangsang produksi asam lambung.

Apabila terjadi peningkatan produksi asam lambung, bisa berbahaya dan mengganggu sistem pencernaan tubuh.

Beberapa dampak yang bisa terjadi akibat asam lambung tinggi, yaitu bisa menyebabkan masalah mulai dari gangguan pencernaan, kembung, mual, hingga GERD.

“Kopi dapat merangsang produksi asam lambung, yang dapat menyebabkan sakit perut atau gejala refluks asam,” kata Christina Manian, ahli diet terdaftar, dikutip dari Real Simple.

2. Meningkatkan hormon kartisol

Alasan selanjutnya, yaitu minum kopi pada pagi hari baik dalam perut kosong ataupun tidak dapat meningkatkan hormon kortisol.

Peningkatan hormon ini dapat berdampak negatif pada ovulasi, berat badan, dan keseimbangan hormon.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm