Crispy Salmon Skin With Salted Egg Yolk di Minq Kitchen.
Crispy Salmon Skin With Salted Egg Yolk di Minq Kitchen. ( Kompas.com / Gabriella Wijaya)

Bisa digoreng Dan Jadi Kerupuk, Berikut3 Cara Fillet Salmon

18 Juli 2023 13:56 WIB

SonoraBangka.id -  Daging salmon banyak digunakan untuk memasak, khususnya makanan khas Jepang. Bagian salmon yang digunakan biasanya hanya daging, sementara kulit dan tulangnya sudah disisihkan. Kali ini, kamu bisa menyimak cara memfilet salmon untuk mengambil kulitnya. Kulit salmon bisa digoreng krispi untuk jadi keripik.  Selengkapnya, simak cara memfilet salmon, disarankan oleh Chef Tsukuma Coffee Bar & Izakaya, Ari Kriswanto, berikut ini. 

1. Gunakan pisau bersih

Kebersihan pisau sangat penting diperhatikan sebelum memfilet salmon, apalagi untuk mengambil kulitnya. "Kebersihan dan pengasahan pisau itu penting. Enggak boleh rusak sama sekali," tutur Ari saat dihubungi Kompas.com, Senin (10/7/2023).

2. Pakai pisau tajam 

Kulit ikan jelas menempel dengan daging salmon. Itu sebabnya, memerlukan pisau tajam untuk memisahkan dua bagian ikan ini. Ari menuturkan, pisau harus tajam di kedua sisi agar tidak ada sisa daging yang menempel di kulit ikan, begitu juga sebaliknya. "Ada beberapa pisau yang tajamnya cuma di sebelah aja gitu ya, sebaiknya pakai yang dua mata supaya mendapatkan hasil maksimal karena kalau kulitnya masih ada lemak akan berpengaruh saat dimasak," jelas Ari.

3. Sesuaikan dengan kenyamanan tangan

Menurut Ari, tidak ada keharusan memakai salah satu tangan saat memfilet ikan agar hasilnya sempurna. Hal ini bisa menyesuaikan dengan kenyamanan setiap orang saat memasak, khususnya menggunakan pisau. "Terkadang ada orang yang lebih suka pakai tangan kanan, ada juga yang kidal jadi pakai tangan kiri, itu tidak apa-apa. Sesuaikan aja yang paling nyaman dan terus mencoba," saran Ari.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Filet Salmon untuk Ambil Kulitnya, Bisa Digoreng Jadi Kerupik", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/07/16/171000275/3-cara-filet-salmon-untuk-ambil-kulitnya-bisa-digoreng-jadi-kerupik.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm