Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Italia 2023(Dok. @marcmarquez93)
Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Italia 2023(Dok. @marcmarquez93) ( KOMPAS.COM)

Diprotes Dari Para Pebalap, MotoGP Ubah Cara Masuk Sesi Kualifikasi Q2

18 Juli 2023 20:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Para pebalap MotoGP mengeluhkan mengenai cara masuk sesi kualifikasi Q2 pada paruh pertama MotoGP 2023. Akhirnya, Dorna Sports mengubah sistemnya untuk paruh kedua ini.

Dikutip dari Motogp.com, Selasa (18/7/2023), sesi latihan bebas pada hari Jumat berubah. Sesi tersebut tidak lagi memiliki waktu untuk masuk ke Q2.

Jadi, sesi ini sekarang disebut Free Practice 1. Selama 45 menit, para pebalap dan timnya bisa menggunakannya untuk mencari setelan terbaik pada motor.

Sesi kedua pada Jumat sore akan dinamai Practice. Sesi ini akan menjadi satu-satunya sesi latihan yang dijadwalkan untuk masuk ke Q2.

Sehingga, para pebalap baru akan berjuang keras untuk saling mencatatkan waktu tercepat. Tidak peduli hujan atau panas, sesi yang berdurasi 60 menit tersebut akan menjadi krusial bagi para pebalap untuk mengamankan posisi di sepuluh besar untuk langsung masuk Q2.

Untuk diketahui, perubahan ini untuk menanggapi protes dari para pebalap dan tim. Sebelumnya, waktu untuk masuk sesi Q2 diambil juga dari hasil sesi latihan bebas pertama.

Banyak yang mengeluhkan karena sesi pertama biasanya para pebalap dan tim masih membaca situasi dan mencari-cari setelan terbaik motornya. Dalam kondisi tersebut, tentu pebalap tidak bisa tampil maksimal. Apalagi, kalau sampai diwarnai dengan kondisi hujan.

Berikut ini perubahan jadwal latihan MotoGP, efektif berlaku mulai MotoGP Inggris 2023 di Sirkuit Silverstone:

• Jumat

− Free Practice 1 (FP1): 45 menit

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm