Ilustrasi seorang mekanik mengganti oli mobil. (DOK. Shutterstock.)
Ilustrasi seorang mekanik mengganti oli mobil. (DOK. Shutterstock.) ( KOMPAS.COM)

Setelah Beli Mobil Bekas Wajib Untuk Ganti Oli Mesin

18 Juli 2023 21:25 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pembelian mobil bekas perlu dilakukan dengan teliti agar mendapatkan unit dengan kondisi baik. Bisa dengan mengajak ahli untuk melakukan pemeriksaan atau berbekal pengetahuan.

Ternyata, setelah mendapatkan unit mobil bekas juga perlu penanganan awal agar kedepan mesin selalu dalam kondisi prima dan awet.

Esa Pemilik Bengkel Denso Esa Diesel Solo mengatakan setelah mobil bekas didapatkan, pemilik perlu melakukan langkah antisipasi dengan perawatan khusus.

“Ada hal wajib dilakukan pada mobil bekas baru dibeli, terutama ganti oli mesin karena kita tidak pernah tahu seperti apa pengguna mobil sebelumnya, apakah rutin mengganti oli atau tidak meski penjual bisa saja bilang ganti oli teratur,” ucap Esa kepada Kompas.com, Senin (17/7/2023).

Esa mengatakan penggantian oli mesin tergolong murah tapi dampak positifnya akan membuat mesin lebih awet terkait komponen-komponen dalam. Sehingga, bila dihitung-hitung sangat menguntungkan melakukan ganti oli di awal pemakaian mobil bekas.

Jangan sampai atas dasar percaya dengan pemilik sebelumnya, terus membiarkan penggantian oli mesin berlarut-larut. Padahal, kalau mobil digunakan dengan kualitas oli sudah menurun maka akibatnya fatal.

“Dengan mengganti oli mesin, maka komponen mesin menjadi lebih aman, pemilik tidak perlu khawatir terjadi kerusakan dampak dari kualitas oli yang suda jelek,” ucap Esa.

Sementara itu, dampak mobil yang dipaksakan dengan kondisi oli mesin sudah menurun akan cenderung mengalami kerusakan komponen lebih cepat seperti suara mesin kasar karena beberapa metal rusak.

“Metal-metal rawan rusak dengan oli jelek, terus semua komponen mesin yang bergerak juga berpotensi mengalami aus lebih cepat,” ucap Esa.

Esa juga mengatakan penggantian oli mesin bisa dibersamai dengan mengganti filter oli agar hasilnya maksimal.

Jadi, alasan pemilik perlu mengganti oli mesin dan filternya setelah mendapatkan unit mobil bekas adalah sebagai langkah antisipasi dari bahaya menggunakan mobil dengan kualitas oli yang sudah jelek.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Setelah Beli Mobil Bekas Wajib Ganti Oli Mesin", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/18/111200215/setelah-beli-mobil-bekas-wajib-ganti-oli-mesin.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm