Ilustrasi AC Mobil(Freepik/Dianabygu)
Ilustrasi AC Mobil(Freepik/Dianabygu) ( KOMPAS.COM)

Apakah Perlu Untuk Matikan AC Mobil Saat Melewati Tanjakan?

19 Juli 2023 17:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ruas jalan di Indonesia memiliki kondisi jalan yang berbeda-beda, khususnya di daerah pegunungan. Tanjakan dan turunan yang curam pasti bakal sering dijumpai.

Tidak sedikit kasus pengemudi mobil yang tiba-tiba mundur karena kesulitan saat menanjak.

Seperti video yang diunggah oleh akun Tiktok bernama Jalan Jalan Nusantara. Dalam rekaman tersebut memperlihatkan pengemudi yang kesulitan saat melewati tanjakan.

Bahkan mobil tersebut sampai mundur hingga membuat pengemudi mobil yang berada di belakangnya membunyikan klakson panjang.

Para penumpang yang ikut panik menyuruh pengemudi untuk aktifkan rem tangan. Tak cuma itu, pengemudi pun meminta penumpang untuk turun guna mengurangi beban mobil.

Video itu mendapat beragam komentar dari warganet. Tak sedikit dari mereka yang menyarankan pemilik mobil untuk mematikan AC agar kendaraan kuat menanjak, tapi ada juga beberapa warganet yang tidak setuju dengan anggapan tersebut.

Matikan AC kalau nanjak,” tulis komentar Rida Shop.

“Matikan AC kalau di tanjakan biar putaran mesinnya juga cepat,” tulis akun Gunawan Back135.

“AC cuma ngaruh di mobil truk ya ges, kalau mobil pribadi sudah di setting untuk menghadapi hal tersebut. Cukup main gigi satu-dua, satu-dua saja aman kok,” tulis akun Aato Store30.

“Kenapa kalau nanjak AC nyuruh matikan? Perasaan nyala gapapa tuh,” tulis komentar Septian Eka Oktavita.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm