Motor listrik Honda U-GO versi 2023 dengan layar instrumen baru.(Dok. Great Biker)
Motor listrik Honda U-GO versi 2023 dengan layar instrumen baru.(Dok. Great Biker) ( KOMPAS.COM)

Memiliki Motor Listrik, Jangan Nekat Berkendara sampai Baterai Habis

19 Juli 2023 19:01 WIB

SONORABANGKA.ID - Mempunyai motor listrik memang tidak perlu pusing untuk isi BBM, tetapi bukan berarti baterai yang ada bisa dihabiskan semuanya. Kalau dihiraukan, siap-siap menanggung penggantian komponen termahal pada motor listri, yaitu baterai.

Adyta, pemilik bengkel motor listrik EV Centrum di Tangerang, mengatakan, sering terjadi di bengkel, pemilik motor listrik menghabiskan baterai sampai benar-benar motor tidak bisa berjalan sama sekali.

"Kenapa enggak boleh (dihabiskan) karena akan sulit untuk mengisi ulang lagi, baik baterai jenis SLA maupunLithium," ucap Adyta kepada Kompas.com, Selasa (18/7/2023).

Adyta menjelaskan, baterai jenis SLA enggak bisa dipakai sampai habis. Sedangkan Lithium masih bisa, karena tertolong dengan Baterai Monitoring System (BMS), ada setelan saat baterai di bawah tekanan (under voltage).

"Kalau SLA enggak ada (BMS), jika sampai habis, mau enggak mau harus di-slow charge, dikasih tegangan rendah dan dia lama, dan bisa jadi rusak, enggak bisa diisi ulang lagi," kata Adyta.

Sedangkan Lithium, meski ada BMS tadi yang melindungi baterai, kalau sering dilakukan, sama saja, baterai akan rusak. Jadi nanti enggak bisa dicas dan akhirnya rusak.

Agar terhindar dari masalah baterai, lebih baik setelah dipakai, motor dicas lagi. Jadi tidak perlu tunggu baterai di bawah 20 persen atau sampai habis.

"Setelah pakai, tunggu sekitar minimal 15 menit sampai baterai itu suhunya normal, baru dicas. Itu perawatan yang lebih bagus, lebih mengawetkan baterai," kata Adyta.

Jadi, sebagai pemilik motor listrik, lebih baik simpan motor dalam kondisi baterai penuh. Setelah pakai, langsung saja cas lagi, untuk menjaga kualitas dari baterai.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Punya Motor Listrik, Jangan Nekat Berkendara sampai Baterai Habis", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/19/094200215/punya-motor-listrik-jangan-nekat-berkendara-sampai-baterai-habis.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm