Motoriz jadi jaringan bengkel resmi yang menerima semua merek motor listrik.(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Motoriz jadi jaringan bengkel resmi yang menerima semua merek motor listrik.(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Punya Motor Listrik, Ini Komponen yang Harus Diservis Secara Rutin

19 Juli 2023 21:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Punya motor listrik bisa dibilang memiliki keunggulan dalam hal perawatan. Motor listrik tidak perlu ganti oli karena tidak ada mesinnya, bahkan dibilang tinggal pakai dan cukup ganti ban dan kampas rem saja.

Namun, apakah benar memiliki motor listrik sebebas itu dalam hal perawatan rutin?

Adyta, pemilik Bengkel Motor Listrik EV Centrum di Tangerang mengatakan, motor listrik sebenarnya perlu dirawat rutin. Ada empat komponen penting yang bisa menjaga keawetan motor listrik dan perlu diperiksa.

"Untuk bengkel kendaraan listrik umumnya untuk pengecekan utamanya di baterai. Selain itu juga dinamo, controller, dan connector," kata Adyta kepada Kompas.com, Selasa (18/7/2023).

Untuk interval pengecekan, Adyta menjelaskan agar dilakukan di 500 Km sampai 1.000 Km secara rutin. Empat komponen di atas diperiksa, paling penting juga melihat connector, jangan sampai kendur.

"Biasanya itu dari pabrikan kurang lebih connector-nya yang kadang tidak pas, tidak kencang, bisa jadi masalah," kata Adyta.

Bahkan, Adyta menganalogikan motor listrik dengan kelistrikan di rumah pada umumnya. Connector tadi harus kencang, karena bila kendur, bisa terjadi korsleting.

"Masalahnya (ditemui) pada kabel dinamo dan baterai. Bisa ada short circuit, korosi, masalahnya di situ," kata Adyta.

Untuk pengecekan saja, Adyta membanderol layanannya dengan harga Rp 150.000. Kalau misal ada perbaikan atau penggantian, maka biayanya juga mulai Rp 150.000, tergantung jenis kerusakan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Punya Motor Listrik, Ini Komponen yang Harus Diservis Rutin", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/19/152615915/punya-motor-listrik-ini-komponen-yang-harus-diservis-rutin.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm